Sukses

Health

5 Manfaat Daging Buah Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Eksistensi buah kelapa di negara tropis seperti di Indonesia ini tidak perlu diragukan lagi. Rasanya yang nikmat dan menyegarkan menjadikan buah kelapa menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya dimakan dalam bentuk buah, kelapa juga dapat diolah menjadi beberapa hidangan yang nikmat, seperti bandros, wingko babat, geplak, dan masih banyak lagi.

Kelapa dapat dinikmati setiap bagian-bagiannya. Mulai dari daging dan air kelapa yang sedap untuk dimakan. Juga nutrisi yang terkandung di buah kelapa juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Nah, penasaran kan manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh? Sahabat Fimela, berikut Fimela rangkum 5 manfaat daging kelapa dilansir dari stylecraze.com yang perlu diketahui.

1. Minyak Kelapa Baik untuk Kesehatan Jantung

Minyak kelapa berasal dari ekstrak daging, santan, atau ampas buah kelapa. Menurut penelitian dari Chiang May University, mengonsumsi 15ml minyak kelapa secara rutin 2 kali dalam jangka 8 minggu dapat meningkat kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Serat pada daging kelapa juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

2. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Gula darah atau glukosa adalah zat gula yang ada di dalam darah. Gula darah perlu dikontrol agar tetap stabil untuk menghindari lemak menumpuk yang atau cikal bakal penyakit obesitas. Menurut penelitian dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine, mengonsumsi 100 g kelapa setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi.

3. Menurunkan Berat Badan

Daging kelapa mengandung kandungan trigliserida rantai menengah (MCT) yang tinggi. MCT merupakan lemak alami yang ada di makanan. Sebuah penelitian oleh McGill University menemukan bahwa MCT dapat mengurangi lemak yang menumpuk melalui proses oksidasi.

4. Memperlancar Proses Pencernaan

Daging buah kelapa kaya akan serat. Serat membantu melancarkan pencernaan dengan meningkatkan frekuensi buang air besar. Sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk dalam tubuh. Serat tentu akan sangat berguna untuk penderita sembelit atau susah buang air besar.

5. Membantu Meredakan Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan sebutan untuk penurunan fungsi otak yang meliputi penurunan daya ingat, serta kemampuan berpikir dan berbicara. Minyak dari daging kelapa dapat membantu menghambat penurunan fungsi otak karena usia. Kandungan antioksidan dalam buah ini juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Sekarang Sahabat Fimela sudah mengetahui 5 manfaat daging buah kelapa. Nutrisi yang ada di buah kelapa dapat dimaksimalkan dengan konsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. Jangan lupa imbangi dengan pola hidup sehat juga ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading