Sukses

Health

Tidak Harus Mahal, Begini Cara Masak Kulit Manggis untuk Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Buah manggis adalah buah tropis yang umum dijumpai di daerah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Diyakini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, berbagai produk seperti kosmetik, sabun, krim, dan lotion menggunakan kandungan senyawa aktifnya untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit.

Tidak hanya enak rasa buahnya, tetapi kulit buah yang disebut Garcinia mangostana L. juga kaya akan manfaat kesehatan. Ini disebabkan oleh kandungan nutrisi dalam kulit manggis, terutama antioksidan yang mampu melawan dampak negatif dari radikal bebas.Manfaat kulit buah berwarna ungu ini bahkan bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ringan hingga serius seperti kolesterol dan kanker.

Berikut adalah cara memasak kulit manggis yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Informasi ini diambil dari beberapa sumber pada hari Jumat (21/6/2024).

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Xanthone, yang terkandung dalam kulit manggis, diyakini memiliki potensi untuk menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, termasuk kanker payudara dan paru-paru. Studi juga menunjukkan bahwa kulit manggis dapat efektif dalam menekan pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Namun, penelitian lebih lanjut mengenai peran kulit manggis dalam mencegah kanker masih terus dilakukan.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Penelitian-penelitian terbaru terhadap hewan telah menunjukkan bahwa kulit manggis memiliki khasiat yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Efektivitas ini didasarkan pada keberadaan antioksidan dan xanthone dalam ekstrak kulit manggis, yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Kandungan serat yang terdapat dalam kulit manggis juga memberikan manfaat yang baik dalam mengatur kadar lemak dalam darah. Pengendalian kadar lemak darah ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat kulit manggis juga terletak pada kandungan xanthone yang dapat menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh dan menjaga agar tetap stabil. Sebagai akibatnya, banyak yang menggunakan kulit manggis sebagai obat alami untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Menutrisi Kulit

Salah satu manfaat kulit manggis dalam hal kecantikan adalah mendukung retensi elastisitas kulit. Oleh karena itu, produk kecantikan atau perawatan kulit yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat menghasilkan efek positif dalam menjaga kekenyalan kulit serta memperlambat proses penuaan.

Manfaat ini berasal dari sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimiliki oleh kulit manggis, yang berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Salah satu cara simpel untuk mengonsumsi kulit manggis adalah dengan menjadikannya teh. Berikut langkah-langkahnya dilansir dari alodokter.com.

Bahan-bahan:

  1. 1 genggam kulit manggis yang sudah kering
  2. 1 kantong teh celup
  3. 1 batang serai
  4. 1,5 liter air
  5. 2 sendok makan gula pasir
  6. Jahe secukupnya

Cara memasak:

Cuci kulit manggis, jahe kupas, dan serai sampai bersih.Rebus semua bahan tersebut dan tambahkan 1 kantong teh celup.Tunggu sampai mendidih dan air menyusut.Saring dan tuang ke dalam gelas.Tambahkan sedikit gula atau maduTeh kulit manggis siap disajikan.

Kulit Manggis bisa Mengobati Penyakit Apa Saja?

Studi telah menunjukkan bahwa kulit manggis mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas.

Berapa Kali Sehari Minum Air Rebusan Kulit Manggis?

Mminum dengan rutin setiap 2 kali sehari. Direbus dan dikeringkan, caranya adalah iris kulit buah manggis tipis-tipis kemudian jemur di terik matahari hingga kering, hal ini bertujuan agar kulit manggis tersebut bisa bertahan lama serta tahan terhadap jamur.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Kulit Manggis?

Kulit manggis yang sudah kering bisa diolah menjadi jus kulit manggis, wedang kulit manggis, puding kulit manggis, kopi kulit manggis, atau sekadar direbus menjadi ramuan herbal.

Apakah Buah Manggis Baik untuk Asam Urat?

Khasiat antiinflamasi kulit manggis juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang seringkali terjadi pada penderita asam urat.

Berapa Lama Kulit Manggis Direbus?

Rebus kulit manggis dalam air bersih selama sekitar 30-40 menit, dan jangan biarkan air rebusan terlalu mendidih atau terlalu lama direbus, agar kandungan nutrisi pada kulit manggis tidak hilang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading