Sukses

Health

Tubuhmu Cepat Lelah? Terapkan 5 Cara ini Untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Di dunia yang modern dan serba cepat ini, kelelahan menjadi hal yang wajar dialami oleh banyak orang. Seringkali Sahabat Fimela melakukan sesuatu tanpa sempat untuk beristirahat karena da sesuatu yang harus dicapai. Ini berdampak pada energimu yang sering menurun secara drastis.

Saat tubuhmu merasa kelelahan dan energimu seperti selalu tersedot habis. Jangan biarkan tanda-tanda in berlangsung lama. Karena dapat menganggu kesehatanmu, mulai dari nyeri, sakit kepala, hingga demam. Dilansir dari healthline.com, inilah 5 cara yang bisa Sahabat Fimela terapkan untuk mengatasi tubuh yang cepat lelah:

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang dimaksudkan di sini adalah istirahat yang dilihat dari kualitasnya, bukan kuantitas. Jadi saat beristirahat, usahakan secukupnya tapi berkualitas. Sehingga bisa mengembalikan energi tubuhmu yang terkuras. Lakukan relaksasi ringan sebelum tidur agar tidur lebih rileks. Kenakan pakaian dan tidur di kasur yang nyaman. Jangan tidur terlalu lama, karena ini akan membuat tubuhmu merasa lebih lelah.

2. Jaga Pola Makan

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantumu meningkatkan energi yang habis. Pastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. Dengan mengonsumsi makanan ynag mengandung karbohidrat, protein, dan banyak serat. Mengikuti diet sehat juga bagus untuk meningkatkan energi karena membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Rutin Berolahraga

Berolahraga akan melepaskan endorfin yang secar alami akan meningkatkan energimu. Olahraga teratur dapat mengurangi gejala mudah kelelahan. Lakukan olahraga setidaknya 2 jam dengan intensitas sedang setiap minggungnya. Atau mungkin lakukan olahraga yang bisa kamu lakukan setiap hari, seperti yoga, jogging, bersepeda, atau senam.

4. Minum banyak Air

Usahakan untuk tetap terhidrasi untuk menjaga tubuh dapat  bekerja dengan maksimal. Dehidrasi bisa menyebabkan tingkat energi menurun. Ini juga akan berdampak negatif pada kualitas istirahatmu. Serta kurangi minuman berkafein karena kafein hanya memberi energi sesaat dan setelahnya akan menguras energimu. Mengurangi minum kafein juga bisa membuat istirahat lebih berkualitas dan mengembalikan energimu yang habis.

5. Kelola Stres

Stres dapat menguras energimu, baik energi fisik maupun mental. Hormon stres akan berdampak negatif pada pola istirahat, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kelola stresmu dengan melakukan kegiatan yang menenangkan pikiran seperti meditasi atau yoga. Usahakan untuk meluruskan pikiran yang berantakan sebelum istirahat, agar mendapatkan kualitas istirahat yang maksimal.

Perubahan gaya hidup dapat meningkatkan kualitas hidup Sahabat Fimela. Saat merasa tubuh terlalu sering kelelahan dan disertai tidak enak badan. Jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter. Semoga infomasi tadi bermanfaat ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading