Sukses

Health

LINAC dan Brachytherapy Terobosan Terkini dalam Pengobatan Kanker

Fimela.com, Jakarta Pada 2022, jumlah penderita kanker di dunia sebanyak 9,6 juta orang. Indonesia menduduki peringkat ke-8 di Asia Tenggara untuk jumlah penderita kanker. Salah satu pengobatan kanker yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan terapi radiasi atau sering dikenal dengan radioterapi.

Lalu apa yang dimaksud dengan terapi radiasi? dr. Denny Handoyo Kirana, Sp.Onk.Rad (K), dokter spesialis onkologi radiasi MRCCC menjelaskan terapi radiasi adalah metode pengobatan kanker yang menggunakan radiasi sebagai pembunuh sel kanker dan upaya pencegahan kanker yang diderita pasien. Sekitar 60% lebih pasien kanker di Indonesia memerlukan treatment ini.

“Secara singkat dapat dijelaskan bahwa tahapan awal yang perlu dilakukan adalah pengambilan gambar dari pasien (CT Planning) untuk mendeteksi target radiasi. Lalu, akan dilakukan penentuan titik target dan perencanaan radiasi oleh dokter sebelum dilakukannya radioterapi atau terapi radiasi,”’katanya.

Terapi radiasi dipertimbangkan menjadi salah satu treatment untuk beberapa tujuan, antara lain mengecilkan ukuran tumor sebelum operasi, mengobati kanker, mencegah kanker kembali muncul, dan mengurangi nyeri akibat kanker yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup dari pasien.

“Jadi, sebelum dilakukan terapi radiasi yang penting adalah penentuan karakter dari kanker tersebut, apakah berespons baik terhadap terapi radiasi atau tidak,” ujar dr. Denny

Terapi radiasi merupakan treatment yang lebih fokus dan tertarget dibandingkan dengan pengobatan kanker yang lain, karena metode ini secara tepat dan akurat hanya menyerang area kanker namun menghindari organ sehat yang berada disekitar target. Hal ini juga menjadi keunggulan dari Terapi radiasi dibandingkan metode pengobatan kanker lainnya.

Adapula efek samping terapi radiasi yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu efek samping jangka pendek (jika muncul segera hingga di bawah 6 bulan) dan efek samping jangka panjang (jika muncul di atas 6 bulan).

Misalnya saja efek samping jangka pendek, seperti mual dan muntah, rambut rontok, hingga perubahan kulit. Sementara efek jangka panjang, jika radiasi diberikan pada organ yang sensitif dapat memengaruhi fungsi organ jangka panjang. Radioterapi pada area reproduksi dapat berdampak pada kesuburan.

Jenis-jenis Terapi Radiasi

Terapi radiasi dapat dibedakan menjadi dua jenis utama, yaitu terapi radiasi eksternal dan internal.

a. Terapi Radiasi Eksternal

Terapi radiasi eksternal menggarahkan sinar radiasi ke area tubuh yang terkena kanker dari luar tubuh. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan mesin radiasi yang bergerak di sekitar tubuh pasien. Durasi terapi radiasi berbeda-beda bergantung pada rencana pengobatan yang telah ditentukan oleh dokter spesialis onkologi radiasi berkisar antara 4 hingga 15 menit.

b. Terapi Radiasi Internal

Terapi radiasi internal, juga dikenal sebagai brachytherapy, melibatkan penempatan sumber radiasi di dekat kanker atau dalam tubuh pasien yang menargetkan kanker area tersebut secara langsung. Metode ini terutama digunakan untuk mengobati kanker pada kanker serviks, prostat, kepala, dan leher. Prosedur brachytherapy membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.

Perkembangan LINAC dan Brachytherapy di Grup RS Siloam Grup RS Siloam, khususnya MRCCC, dilengkapi dengan teknologi terapi radiasi terkini, yakni Linear Accelerator (LINAC) dan brachytherapy. Dengan tersedianya layanan radiasi tersebut, MRCCC dapat melayani lebih dari 36.000 terapi radiasi per tahunnya untuk pasien kanker.

Dalam waktu dekat, MRCCC akan menambah fasilitas mesin LINAC terbaru sebagai unggulan terapi radiasi yang lebih akurat dan efektif. Untuk menunjang penanganan kasus kanker di Indonesia, Grup RS Siloam juga memiliki 12 dokter spesialis onkologi radiasi yang tersebar di beberapa lokasi, yaitu di MRCCC, RS Siloam Agora Cempaka Putih, Lippo Village Karawaci, TB Simatupang Jakarta Selatan, Siloam Makassar, dan Siloam Surabaya.

Selain itu, staf medis yang handal dan terlatih dengan baik serta didukung dengan alat medis mutakhir merupakan salah satu keunggulan MRCCC. Tim medis untuk layanan terapi radiasi telah dibekali dengan pelatihan dan pengetahuan mendalam tentang penggunaan LINAC dan brachytherapy dalam pengobatan kanker. Setiap pasien akan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan individunya dengan tujuan meningkatkan peluang kesembuhan dan kualitas hidup yang baik untuk pasien.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading