Sukses

Health

Hindari 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kulit Kendur ini

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang kencang dan sehat adalah cita-cita semua orang. Kulit kencang bisa mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri Sahabat Fimela. Oleh sebab itu, semua orang mengusahakan pola hidup sehat agar mendapatkan kulit yang kencang.

Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri juga terkadang beberapa hal bisa menyebabkan kulit menjadi kendur. Mulai dari kebiasaan samapi tindakan yang tidak disadari. Dilansir dari laman fillmed, inilah 5 kebiasaan yang dapat menyebabkan kulit kendur:

1. Kurang Tidur

Saat kurang tidur, tubuh tidak mampu bekerja secara optimal. Salah satu akibatnya adalah kulit menjadi kendur dan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Untuk menghindarinya, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya.

2. Rokok dan Alkohol

Gaya hidup sudah pasti akan mempengaruhi kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Merokok dan konsumsi alkohol berkontribusi besar dalam munculnya kerutan dini dan dapat menyebabkan kulit kusam. Kandungan yang ada di rokok mengurangi sirkulasi darah. Sehingga sel-sel kehilangan nutrisi dan alhokol. Sementara alkohol dapat membuat kulit dehidrasi dan melemahkan pelindung alami kulit. Kemudian membuat kulit terlihat lebih kendur dan tua.

3. Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari memang mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan kulit. Tapi terlalu lama terpapar sinar matahari ternyata dapat menyebabkan kulit kendur dan penuaan dini. UV dari matahari akan merusak serat kolagen dan elastin kulit. Sehingga menyebabkan hilangkan elstisitas kulit dan muncul bintik penuaan. Selalu gunakan sunscreen atau sunblock untuk menghindari paparan UV matahari.

4. Salah Makan

Apa yang dikonsumsi dalam tubuh memiliki peran dalam kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan kulit. Konsumsi banyak gula, lemak, jenuh, dan makanan olahan dapat memicu peradangan dalam tubuh.  Ini akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan, berjerawat, dan kendur.

5. Stres

Stres dan cemas dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit. Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin dan kortisol yang dapat merusak kolagen dan elastin kulit dan menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi pola tidur. Sehingga tidak tubuh tidak dapat istirahat yang berkualitas dan dapat menyebabkan penuaan kulit dini.

Hindari 5 kebiasaan di atas jika tidak ingin mengalami kulit kendur dan terlihat lebih tua. Jaga kesehatan kulit dengan rutin menggunakan skincare dan jaga pola makan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading