Sukses

Info

Unik dan Kece, Instagram Hadirkan Fitur "Notes" untuk Berbagi Status di Halaman DM

Fimela.com, Jakarta Instagram yang merupakan bagian dari Meta, baru saja merilis fitur baru untuk aplikasinya. Instagram menghadirkan fitur "Notes" pada laman Direct Message (DM). Fitur baru ini hampir sama dengan fitur "Status" di aplikasi meta lainnya. Notes mengizinkan para penggunanya untuk berbagi tentang apa yang mereka pikirkan dan itu akan ditampilkan di atas profil mereka yang dapat dilihat pada laman DM Instagram.

Maraknya penggunaan aplikasi sosial media seperti Instagram, membuat para pengembang aplikasi tersebut harus terus memutar otak untuk menghadirkan berbagai pembaruan unik agar tetap menarik para penggunanya. Tak hanya Notes, Instagram sebelumnya juga telah merilis berbagai macam fitur baru di aplikasinya sepanjang tahun 2022.

Peluncuran fitur baru ini merupakan cara dari Instagram dan juga Meta (orangtua perusahaan Instagram) untuk memberikan kesempatan bagi para penggunanya agar tetap dapat terhubung dengan teman dan keluarga mereka melalui format dan fitur berbeda yang disediakan oleh Instagram. Melalui akun Twitternya (@instagram), Instagram mengumumkan perilisan fitur baru ini dengan cuitan sebagai berikut:

"Beri tahu mereka apa yang ada di pikiranmu. Bagikan pemikiranmu dengan Notes — dan lihat apa yang sedang dilakukan temanmu." 

Dapat menampung hingga 60 karakter

Melansir dari channelnewsasia.com, fitur terbaru dari Instagram yakni Notes ini mengizinkan penggunanya untuk meninggalkan Note atau catatan di atas profil yang tertera di laman DM. Fitur ini dikatakan sebagai cara baru untuk berbagai apa yang sedang dipikirkan dan juga melihat apa yang teman-teman di Instagram sedang lakukan. Fitur Notes dapat menampung teks singkat hingga 60 karakter termasuk emoji. 

Sama seperti fitur Instagram Story, fitur Notes yang menampilkan status singkat yang tertera pada laman DM di Instagram hanya akan muncul selama 24 jam. Orang lain yang melihat status ini juga dapat membalasnya dengan pesan yang nantinya akan masuk ke dalam DM si pengguna. Tidak ada batasan terkait berapa banyak Notes yang dapat dibuat oleh satu pengguna dalam waktu sehari. 

"Selama pengujian, kami mengetahui bahwa orang-orang menyukai cara yang ringan dan mudah untuk membagikan apa yang ada di pikiran mereka dan memulai percakapan," terang Meta dalam laman website-nya, yang dikutip dari hitc.com.

Cara menggunakan fitur Notes

Berikut merupakan cara menggunakan fitur terbaru Instagram yakni Notes:

  • Lakukan update pada aplikasi Instagram agar fitur terbaru muncul dan dapat digunakan.
  • Setelah melakukan update, buka bagian DM di aplikasi Instagram.
  • Klik foto profil dengan tulisan "Tinggalkan catatan" di bagian atas Inbox.
  • Setelah diklik, tulislah catatan singkat yang ingin dibagikan kepada teman-teman di Instagram.
  • Setelah itu, pengguna dapat memilih kepada siapa catatan tersebut akan dibagikan, kepada semua pengikut, pengikut yang diikuti balik, atau hanya kepada teman yang ada di daftar "Close Friends".
  • Klik "Bagikan" dan catatan pun akan muncul.

CEO dari Meta yakni Mark Zuckeberg juga turut menyampaikan beberapa kata terkait peluncuran fitur Notes di Instagram ini.

"Notes merupakan ruang baru untuk berbagi pemikiran, mengajukan pertanyaan, memposting statusm atau apapun yang Anda sukai," katanya melalui video Instagram Story yang diunggah pada 13 Desember 2022 lalu.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading