Sukses

Lifestyle

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga

Fimela.com, Jakarta Kamu punya teman atau kekasih orang Batak? Bingung kenapa mereka sangat menjunjung tinggi marganya? Ternyata ini 8 alasan kenapa orang Batang sangat bangga dengan marganya. 

#1

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga. | via: kebudayaanindonesia.net

Marga adalah identitas. Sampai-sampai kalau kamu bertemu dengan orang baru, pasti yang ditanyakan bukan nama, tapi marganya. Setelah bertanya marga, barulah mereka akan menanyakan hal yang lain. Kalau marganya sama dengan margamu, pasti persaudaraan langsung terjalin. 

#2

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga. | via: raymondsitorus.wordpress.com

Marga adalah harta lahiriah yang bisa menjadi pembuka jalan untuk meniti karir. Karena, setiap marga punya asal-usul. Marga ini berkaitan dengan martarombo (mencari asal-usul dan hubungan marga). 

#3

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga. | via: gobatak.com

Nah, kalau sudah paham betul asal-usul margamu, berarti kamu sudah mempelajari sejarah yang sangat berharga. Sejarah asal-usul kamu dan keluargamu. Ini yang enggak pernah diajari di sekolah mana pun. 

#4

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga. | via: travelblog.ticktab.com

Dengan menggunakan marga yang berada di belakang namamu, kamu akan mudah dikenali oleh orang lain, kalau kamu adalah orang Batak. 

#5

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga. | via: zeincom.wordpress.com

Kamu membawa nama belakangmu itu kemana pun. Dengan begitu nama yang berharkat tinggi itu menjadi pagar bagimu untuk selalu berkelakuan baik, berbudi pekerti dan saling toleran antar sesama. Kamu enggak bisa melakukan kejahatan atas nama apa pun, karena kamu hars menjaga martabat margamu. 

#6

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga. | via: lake-toba.com

Selain itu, kalau kamu pakai marga, lalu kamu menghilang entah kemana selama berpuluh-puluh tahun, kamu akan tetap bisa ditemukan. Marga ternyata bisa menjadi pemersatu kembali sebuah keluarga yang telah terpisah. 

#7

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga. | via: ridwanaz.com

Marga enggak akan pernah menurunkan derajatmu. Kamu yang bermarga sama dengan orang yang sudah sukses akan mengangkat derajat hidupmu. 

#8

8 Alasan Kenapa Orang Batak Bangga Punya Marga. | via: kulturartonline.wordpress.com

Kamu boleh menganggap orang yang enggak sedarah bukan termasuk keluargamu. Tapi satu marga, artinya satu rumpun. Kalian bersaudara. Enggak peduli beda nenek, kakek, enggak satu darah, kamu tetaplah keluarga. 

 

Nah, itu dia alasan-alasan kenapa orang Batak merasa bangga dengan marganya. ternyata marga adalah harta yang paling berharga. 

 

Baca juga: 9 Sifat yang Harus Kamu Tahu Kalau Pacarmu Cowok Batak

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading