Sukses

Lifestyle

Luar Biasa! 7 Anak Rimba di Jambi Juga Bakal Ikut UN 2016

Fimela.com, Jakarta Mengikuti Ujian Nasional (UN) mungkin menjadi hal biasa buat anak-anak di tengah perkotaan seperti Jakarta. Tapi, ada satu hal yang menjadi sangat luar biasa ketika Anak Rimba di Jambi pun ikut UN 2016.

Dilansir dari Liputan6, ada tujuh Anak Rimba yang sudah tercatat namanya sebagai calon peserta UN tingkat SMP di Provinsi Jambi. Mereka akan mengikuti ujian pada pertengahan April nanti. 

Koordinator Unit Pendidikan Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Sasa, kepada Liputan6 menyebutkan nama-nama Anak Rimba yang terdaftar sebagai peserta UN. Mereka adalah Budi, Bejujung, Besigar, Perbal, Besiar, Merangai, dan Sekola. Sasa juga mengatakan, mereka semua tinggal di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), Kabupaten Sarolangun. 

Meskipun nama ketujuhnya sudah tercantum, namun hanya ada empat anak yang sudah pasti akan mengikti UN. Pasalnya, tiga anak lainnya, Besiar, Merangai, dan Sekola, sudah menikah dan berada di dalam hutan.

Sasa menilai, rasanya sulit bagi mereka untuk keluar dari kawasan tersebut. "Sehingga sulit keluar dari kawasan hutan," katanya kepada media yang sama. 

Bocah Suku Anak Dalam atau Orang Rimba. (v2.garudamagazine.com)

Selain itu, Sasa juga mengatakan, mereka yang ikut UN akan diberikan perlakuan khusus. Pasalnya, mereka tidak bisa disamakan dengan peserta UN lain soal akademisnya. Liputan6 menulis, perlakuan khusus tersebut berupa pendampingan. Hal ini, kata Sasa, sudah dikoordinasikan dengan pihak dinas pendidikan dan sekolah. 

Orang Rimba atau Suku Anak Dalam. (kkiwarsi.wordpress.com)

"Karena tentunya beda dengan siswa biasanya. Anak Rimba tidak menguasai semua mata pelajaran. Seperti soal bahasa, karena tidak semua paham, jadi perlu diterjemahkan dan dijelaskan maksudnya," kata Sasa kepada media tersebut. Selain itu, dia menambahkan, selama pelaksanaan UN, para Anak Rimba akan tinggal di pos Kantor Warsi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading