Sukses

Lifestyle

7 Kisah Inspiratif Agar Kamu Nggak Tenggelam dalam Duka Kegagalan

Fimela.com, Jakarta "And we'll hate what we've lost but we'll love what we find," lirik lagu salah satu band indie asal Australia, The Paper Kites, itu sungguh benar adanya. Jauh dari konstan, kamu mungkin telah mengalami 'roller coaster' plot kehidupan. Tak apa jika sekarang kamu sedang mencicip getir kegagalan. Namun supaya tak berlarut, coba saja simak kisah-kisah inspiratif dari sejumlah tokoh berikut.

Albert Einstein. Siapa yang tak mengenal sosok satu ini? Disebut sebagai manusia paling genius di Bumi, hidup lelaki asal Jerman ini jauh dari kata mudah. Bahkan ia belum bisa bicara lancar hingga usia 4 tahun. Karena totalitas dalam penelitian, sebutan 'orang gila' pernah dilekatkan dengan sosok Einstein.

Akibat usaha sang ayah gulung tikar pada 1902, Einstein harus bekerja sebagai guru dengan bayaran yang sangat minim, namun itu pun tak bertahan lama. Badai berlalu, lihat citra Einstein sekarang. Meski tak tahu pribadi ahli fisika tersebut, namun kebanyakan orang pasti tak asing dengan namanya.

 

A photo posted by Taiga Forster (@taiga_forster) on

Jim Carrey. Tak terlahir dari keluarga berada, aktor film Eternal Sunshine of the Spotless Mind ini pernah 'menggelandang' dengan hidup di dalam mobil bersama keluarganya. Pendidikan pun tak berjalan mulus karena keterbatasan biaya. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, Carrey telah meniti karier sejak berusia 15 tahun.

 

A photo posted by Jim Carrey (@jimcarrey__) on

JK Rowling. Dianggap aneh, juga sempat jadi korban bullying, single mom yang mencicip pahitnya perceraian bertahun silam ini pantas disebut sebagai sosok inspiratif. Di awal penulisan buku fenomenal Harry Potter, Rowling bahkan tak punya cukup uang untuk mencetak naskahnya. Kini, dunia menanti karya selanjutnya dari perempuan asal Britania Raya tersebut.

 

A photo posted by Art Is (@artis.sg) on

Walt Disney. 'Bapak Mickey Mouse' ini pernah dipecat dari salah satu kantor berita media cetak karena dianggap kurang kreatif. Akhirnya, ia memutuskan untuk membuat perusahaan sendiri. Melihat pergerakan yang begitu menjanjikan, lelaki asal Amerika Serikat ini hendak membuat Disneyland, di mana pada tahap ini ia harus menghadapi penolakan ratusan kali dari pihak bank. Terbayang kan kalau saat itu Disney menyerah? Salah satu taman bermain paling populer itu tak akan ada sekarang.

B.J. Habibie. Presiden ketiga Republik Indonesia ini sempat mengadu nasib ke Jerman dan mencicip sulitnya merantau. Baik secara karier atau pribadi, Habibie dinilai sebagai sosok yang menginspirasi. Penemuan yang awalnya sulit diterima di dalam negeri, terus ia perjuangkan. Kini, aur hidupnya banyak dikisahkan kembali, bahkan pernah dirangkum dalam film layar lebar.

 

A photo posted by Illustrator (@pearce_rizal) on

Oprah Winfrey. Pernah diperkosa dan melahirkan di usia 14 tahun, sebagai minoritas, Oprah tentu menghadapi hidup yang jauh dari kata mulus. Trauma dan merasa tak sesuai di lingkungan sosial mana pun juga sempat dilontarkannya. Namun kini, ia adalah host dari salah satu talkshow paling populer di dunia.

Alfred Nobel. Namanya mungkin tak setenar invertor lain, namun penemu dinamit ini melakukan banyak pengorbanan demi merengkuh kesuksesan. Percobaan yang dikenal berbahaya bahkan membuat Nobel terpaksa kehilangan adiknya sendiri. Kesulitan ekonomi pun sempat dicicip, namun ia enggan mengalah pada kerasnya hidup sampai ajal menjemput.

 

A photo posted by @seangeorgios on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading