Sukses

Lifestyle

6 Kunci yang Harus Selalu Kamu Pegang Demi Kesehatan Finansial

Fimela.com, Jakarta Tujuan hidup memang setiap orang berbeda-beda. Ada yang ingin memberikan kemewahan pada diri sendiri, ada juga yang ingin membahagiakan kedua orangtuanya. Tapi, bagaimana bisa kedua hal ini terwujud kalau kamu tidak memiliki kondisi keuangan yang sehat sejak dini.

Kondisi keuangan yang sehat tidak akan kamu dapatkan kalau kamu hanya berdiam diri. Kamu tidak bisa menunggu, hingga kejatuhan duit dari langit. Kamu harus melakukan banyak hal. Salah satu motivator dan juga penulis buku best seller, The Miracle Morning: The Not-So-Obvious Secret Guaranteed to Transform Your Life…, mengatakan ada enam kunci yang harus kamu pegang sejak dini. Ingat, tidak ada keberuntungan di dunia ini. Cuma usaha. 

1.Membagi-bagi pendapatan sesuai dengan keperluan. Misalnya, 30% untuk ditabung. 10% buat hura-hura, dan sisanya untuk biaya hidup. 

2.Jangan hanya punya satu 'pipa' saluran pendapatan. Kamu juga harus mencari pendapatan di luar gaji kantor. Bisa dengan bekerja secara freelance, memiliki sebuah toko, atau membangun bisnis kecil. 

 

A photo posted by @james.edition.de on

3. Menjadi karyawan yang rajin itu memang bagus. Tapi, kamu harus tahu apa spesialisasimu. Karena, ketika kamu punya spesialisasi, rezekimu akan dengan sendirinya datang. 

4. Temukan sendiri siapa target sasaran buat bisnismu. Pastikan, bisnismu itu memberikan solusi buat mereka. Karena, sebaik-baiknya rezeki itu yang memberikan sebuah solusi buat masyarakat banyak. 

5. Komunitas dan jaringan itu penting. Tapi jangan juga terlalu banyak kongko-kongko atau juga pertemuan usai bekerja. Selain membangun jaringan lewat pertemanan, kamu juga bisa membuat jaringan lewat email, lho! 

 

A photo posted by Travail (@travailspace) on

6. Kamu harus membuat sebuah solusi bagi anggota-anggota komunitas tersebut. Jangan hanya membicarakan bisnis masing-masing. Tapi cobalah untuk saling membantu satu sama lain. Kamu bisa melihat pembahasannya secara lengkap di bawah ini. 

 

A photo posted by Robert (Rob) Burns (@robertlburns) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading