Sukses

Lifestyle

Apa Itu Pneumonia, Penyakit yang Menyerang Hillary Clinton

Fimela.com, Jakarta Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, Jumat lalu didiagnosis terkena pneumonia. Akibat penyakit tersebut Clinton yang tengah menghadiri acara peringatan tragedi 9/11 itu harus pulang lantaran tubuhnya merasa sangat lemas.

Lalu sebenarnya apakah itu penyakit pneumonia? Dilansir dari Huffingtonpost.com, pneumonia adalah penyakit yang sangat umum dan orang-orang yang berusia seperti Clinton, 68 tahun, memiliki risiko paling tinggi terkena pneumonia.

Pneumonia adalah infeksi paru-paru meradang yang bisa menyebabkan batuk, demam, dan kesulitan bernapas. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai bakteri yang berbeda, seperti virus dan jamur.

Apa Itu Pneumonia, Penyakit yang Menyerang Hillary Clinton. (Foto: ppcorn.com)

Banyak yang bertanya apakah pneumonia menular, maka jawabannya adalah,”iya.” Namun tidak seperti yang kamu pikirkan, jika orang yang terkena pneumonia langsung meminum obat antibiotik atau obat lain yang sesuai, maka virus tersebut tidak akan menyebar ke orang lain.

“Jika seseorang meminum antibiotik, maka setelah satu atau dua hari mereka tak perlu takut untuk berjalan-jalan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Dr David Beuther seorang pulmonologist dari rumah sakit National Jewish Health di Denver.

Apa Itu Pneumonia, Penyakit yang Menyerang Hillary Clinton. (Foto: chestmedicine.org)

Cara yang paling baik untuk mengobati pneumonia adalah dengan melakukan vaksin. Vaksin tersebut dapat mencegah beberapa penyebab paling mematikan dari pneumonia, termasuk flu, campak, pertusis, cacar air dan pneumococcus. Selain vaksin, cara terbaik lainnya untuk mencegah berkembangnya pneumonia adalah dengan menjauhi orang-orang yang sedang sakit, lalu sering mencuci tangan.

;
Loading