Sukses

Lifestyle

Mengenal Gejala Kanker Hati yang Serang Sutan Bhatoegana

Bintang.com, Jakarta Sutan Bhatoegana, politikus Partai Demokrat yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin lantaran menderita kanker hati. Kanker yang menggerogoti tubuhnya ini sebenarnya bukan lagi penyakit baru. Sudah banyak pasien yang menderita dan bahkan meninggal lantaran kanker ini. 

Sebelum terlambat, ada baiknya kamu memerhatikan kesehatan livermu dengan baik. Selain mengonsumsi makanan sehat dan organik, mungkin penting juga buatmu mengetahui tanda-tanda munculnya kanker hati. 

1. Pasien kanker hati biasanya akan kehilangan berat badan secara drastis, tanpa melakukan diet atau usaha untuk menurunkan berat badan. 

2. Mungkin, penurunan berat badan itu juga dikarenakan hilangnya nafsu makan yang parah. Tanpa asupan gizi yang seimbang, tentu saja berat badan akan menjadi berkurang dengan cepat. 

Ilustrasi kanker hati, penyakit yang renggut nyawa David Bowie. | via: healthxchange.com.sg

3. Kalau sudah parah, perut atas (di bawah tulang rusuk), pada bagian kanan, membengkak. 

4. Muntah-muntah. 

5. Perut atas bagian kiri pun juga akhirnya membengkak. 

Di Filipina, Hepatitis B adalah penyebab umum kanker hati. (Via: newhealthguide.org)

6. Terakhir, ciri yang paling banyak orang tahu, kulit, kuku, dan bola mata bagian putih menguning. Sebelum penyakit yang diderita Sutan Bhatoegana juga menggerogoti tubuhmu, lebih baik kamu memeriksakan kesehatan secara rutin. Jangan lupa juga untuk selalu menjalani gaya hidup yang sehat. 

 

Loading