Sukses

Lifestyle

Kenapa Timnas Indonesia Akan Main di Cibinong, Bukan di GBK?

Fimela.com, Jakarta Tim Nasional (timnas) Indonesia akan segera bertanding di semifinal Piala AFF 2016. Timnas akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan kandang dan tandang. Indonesia lebih dulu kebagian giliran sebagai tuan rumah pada 3 Desember nanti. Pertandingan Indonesia melawan Vietnam ini bakal digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Kenapa di Cibinong, kenapa bukan di stadion lain seperti Gelora Bung Karno (GBK) Senayan? Seperti dilansir dari Good News From Indonesia, stadion yang disebut berkapasitas 30 ribu penonton itu disahkan oleh perwakilan AFF dan dinilai layak digunakan.  Sebagai turnamen kelas A yang diakui FIFA, AFF dan PSSI memang harus mengikuti aturan yang berlaku.

Timnas Indonesia kembali berlatih di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor (Liputan6.com/Ahmad Fawwaz)

FIFA menyatakan stadion untuk turnamen internasional harus berjarak maksimal 150 km atau bisa ditempuh maksimal dua jam dari bandara internasional terdekat. Posisi Pakansari di Cibinong hanya berjarak sekitar 40 km dari bandara internasional Halim PerdanaKusuma di Jakarta Timur. Sedangkan jarak dari bandara Soekarno Hatta di Banten, Jawa Barat, mencapai maksimal 81 km.

Jadi, sebagus apapun sebuah stadion kalau jaraknya sangat jauh dari bandara internasional, tak bisa menggelar pertandingan kelas internasional. Stadion Pakansari adalah salah satu arena yang dipertimbangkan PSSI untuk menjadi kandang bagi Indonesia selama Piala AFF 2016.

Stadion Pakansari (Lipitann6.com / Achmad Sudarno)

Tiga stadion lain adalah Gelora Bandung Lautan Api (BLA) di Bandung (Jawa Barat), Stadion Manahan Solo (Jawa Tengah), dan Stadion Maguwoharjo Yogyakarta. Dua stadion yang terakhir disebut pernah menjadi tempat pertandingan (persahabatan) Indonesia dengan Malaysia dan Vietnam. Sedangkan Pakansari dan GBLA belum pernah.

Pakansari yang diresmikan pada pertengahan 2015, digunakan sebagai arena PON 2016 Jawa Barat dan menjadi kandang PS TNI untuk pertandingan kandang turnamen Indonesia Soccer Championship 2016. Sementara itu, GBLA yang menjadi unggulan utama justru sedang tak bisa digunakan karena sedang menjalani perbaikan lapangan. Lalu bagaimana dengan stadion GBK Senayan?

Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai menaklukkan Singapura pada laga Piala AFF 2016 di Filipina, Jumat (25/11/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

PSSI memang harus mencari stadion lain karena stadion GBK sedang direnovasi untuk keperluan Asian Games 2018. Sekedar informasi, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang. Nah, jadi tanggal 3 Desember nanti kamu sudah tahu harus kemana kalau ingin menyaksikan perjuangan Stefano Lilipaly cs. Mau nonton timnas Indonesia di Cibinong atau cukup di televisi saja?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading