Sukses

Lifestyle

Resep Kue 90-an dengan Inovasi Baru, Lidah Kucing Pelangi

Fimela.com, Jakarta Salah satu kue yang sering ada saat lebaran terutama di era 80-an dan 90-an adalah Lidah Kucing. Kue kering yang satu ini rasanya sedap dan manis. Jadi wajar saja kue ini disukai banyak orang terutama anak-anak.

Sesuai dengan namanya, bentuk kue ini memang seperti lidah. Tapi entah kenapa disebut lidah kucing karena berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan lidah kucing warnanya hampir sama seperti manusia yaitu merah muda.  Yang jelas kue yang satu ini ternyata sudah ada sejak lama dan banyak dibuat sejak zaman kolonialisme Belanda.

 

Baca juga:

 

Meski begitu, setelah era 90-an, kue ini sempat seperti menghilang dari peredaran. Saat lebaran saja kita sudah jarang menjumpai kue lidah kucing. Namun belakangan ini namanya mulai dikenal lagi seiring banyak dijualnya lagi jajajan jadul. Bahkan seperti beberapa camilan lainnya, kue yang satu ini juga sudah mengalami inovasi .

Kue ini sekarang sudah punya bentuk lain yaitu Lidah Kucing Pelangi. Sesuai dengan namanya, tampilannya jadi seperti pelangi karena terdiri dari berbagai warna. Selain versi lamanya yang masih beredar pasaran, kini juga ada Lidah Kucing Pelangi atau Rainbow.

Kalau masih bingung dimana bisa membelinya atau lebih suka kue buatan sendiri, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Seperti dilansir dari cookpad, berikut ini ada resep membuat kue Lidah Kucing Pelangi kreasi Emma Rosa.

Bahan yang disiapkan:

150 gram Mentega150 gram Margarin175 gram Gula bubuk3 butir Kuning Telur25 gram Susu Bubuk250 gram Tepung Terigu100 ml Putih TelurGaram secukupnya Vanili secukupnya

Kue Lidah Kucing Pelangi. foto: cookpad 

Cara pembuatannya:

Kocok putih telur 100 ml (3 butir putih telur) lalu tambahkan garam dan kocok sampai kaku. Kemudian tambahkan terigu yang sudah dicampur dengan susu bubuk. aduk rata

Kocok mentega, gula halus dan telur sampai mengembang. Tambahkan vanili dan kocok lagi.

Kue Lidah Kucing Pelangi. foto: cookpad

Bagi adonan menjadi 6 bagian sama banyak. Beri masing-masing warna. Lalu masukkan masing-masing warna ke dalam piping bag dan ikat ujungnya.

Semprotkan masing-masing warna pada cetakan lidah kucing yang sudah di poles mentega. Untuk lebih cepat pengerjaannya semprotkan misalkan warna merah dulu untuk semua dalam 1 loyang, baru warna berikutnya dan seterusnya.

Kue Lidah Kucing Pelangi. foto: cookpad

Bakar sampai terlihat kering kurang lebih 10-15 menit

Kalau terlihat sudah kering angkat dan biarkan kue nya mengering diluar oven. Biasanya waktu dipegang agak masih belum kering, tapi sebaiknya angkat aja karena kalau diluar akan mengeras dan jika dipaksa kering dioven bisa cepat gosong.

Setelah matang, simpan dalam wadah kedap udara (Satu resep bisa muat dalam 2 toplea mika ukuran @ 500 gram).

Kue Lidah Kucing Pelangi. foto: cookpad

 

 

Baca juga:

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading