Sukses

Lifestyle

Gua Kelayang, Belitung yang Tak Melulu Cantiknya Pantai

Fimela.com, Jakarta Gradasi air laut memukau dengan jejal batu granit di sejumlah pesisir membuat Belitung jadi salah satu destinasi bahari paling menggoda di Indonesia. Konsep island hopping jadi cara terpopuler menjamah pulau yang dulunya sebagian besar merupakan tambang timah tersebut.

Menepi ke satu pulau untuk nantinya melanjutkan pelayaran guna menjamah daratan lain. Namun di antara rapat pesona laut, Belitung masih punya kejutan lain bagi mereka yang sudi singgah. Berada di jantung Pulau Kelayang, terdapat gua tersembunyi yang menawarkan sensasi penjelajahan berbeda.

Gua Kelayang, Belitung. (joshdisini/Instagram)

Demi mencapainya, kamu harus trekking sebentar menembus hutan Pulau Kelayang. Jalurnya tak terlalu sulit memang, tapi harus tetap hati-hati karena terdapat banyak batu yang bisa saja licin setelah hujan. Setelah napas lumayan tersengal, mulut gua pun akhirnya terlihat.

Bukan seperti kebanyakan gua, tempat ini sebenarnya berupa tumpukan granit yang letaknya membentuk ruang semacam gua. Cahaya matahari masih bisa menelesak masuk, lantaran susunannya tak serapat itu. Terdapat aliran air, tempat ini hampir mirip dengan Gua Haji Mangku di Derawan.

Gua Kelayang, Belitung. (m.fakhrijal/Instagram)

Dengan letak yang lumayan tersembunyi, gua ini bisa jadi alternatif melihat Belitung di paras berbeda. Menepi sejenak dari bentang laut menggoda, sunyi nan senyap belantara di tengah pulau terdengar seperti cara yang baik untuk menghabiskan waktu, bukan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading