Sukses

Lifestyle

Sosok Wanita Penting yang Terlupakan di Debat Pilkada DKI

Bintang.com, Jakarta Debat Calon Gubernur atau Debat Cagub DKI 2017 putaran kedua akan berlangsung pada 13 April mendatang. Ira Koesno kembali dipilih oleh KPU DKI Jakarta untuk menjadi moderator debat Pilkada tersebut.  Ini buat kedua kalinya presenter senior ini akan memandu Debat Cagub DKI.

Seperti kita tahu di putaran pertama, Ira menjadi moderator di debat pertama. Lalu duet Tina Talisa-Eko Prasojo jadi moderator di debat kedua, sedangkan debat ketiga dipandu oleh Alfito Deannova. Pemilihan dan penampilan para moderator ini menarik perhatian banyak orang terutama para netizen.

Ira Koesno di Debat Perdana Cagub DKI Jakarta. 

Bahkan para moderator ini biasanya menjadi trending topic baik saat acara debat maupun saat debat berakhir. Di sisi lain, ada satu sosok wanita yang cukup penting bagi sebagian orang tapi sering terlupakan. Malahan hampir tak ada netizen maupun media yang mengangkat profil wanita cerdas ini.

Yang dimaksud adalah wanita yang menampilkan bahasa isyarat saat acara debat disiarkan live di televisi. Ia biasanya terlihat di bagian bawah kanan layar televisi. Perannya tentu sangat penting bagi para tunarungu yang ingin menyimak acara debat tersebut. Meski sering luput dari perhatian, ada sejumlah netizen yang penasaran dengan sosok wanita tersebut.

Sasanti T. Soegianto, peraga bahasa isyarat di Debat Cagub DKI 2017 pada 13 Januari 2017. foto: tribunnews.comSeperti dilansir dari sebuah media online, wanita yang sibuk menggerakkan tangan dan jemarinya itu adalah Sasanti T. Soegianto. Sasanti bertugas sebagai peraga bahasa isyarat dalam debat Pilkada DKI Jakarta 2017 yang pertama pada 13 Januari 2017.

Apa yang dilakukan Sasanti tentu sangat membantu bagi para penyandang tunarungu. "Respect kepada penerjemah bahasa isyarat yg ada di kanan bawah pas debat tadi. Sesuatu yg mungkin barangkali terlupakan. -" tulis pemilik akun @dandyjrs_.

"Info: ini penerjemah bahasa isyarat di debat cagub dulu dosen gue waktu matkul Bahasa Isyarat. Ga nyangka dapet A " komen akun @ibnumaroghi. Peran Sasanti bagi beberapa orang mungkin tak begitu menonjol. Walaupun begitu bagi sebagian orang kehadiran orang seperti dirinya sangat penting dan dinantikan di debat Pilkada.

;
Loading