Sukses

Lifestyle

Selamat Hari Buruh, Kamu Yakin Tahu Siapa Itu Buruh?

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Buruh untuk kita semua! Ya, tanpa kamu sadari ternyata kamu juga seorang buruh lho. Nggak percaya? Memang sih kebanyakan masyarakat saat ini menyangka bahwa buruh hanyalah mereka yang bekerja di pabrik atau mereka yang bekerja di proyek, ternyata itu salah. 

Kalau kamu nggak percaya, Bintang.com telah menanyakan 'siapa itu buruh' kepada beberapa anak muda yang kini telah bekerja. Yuk kita lihat apa kata mereka!

Ilustrasi buruh. (via. Pinterest)

"Buruh menurut gw adalah manpower, unskilled worker yang bekerja di sektor non-formal, umumnya di pabrik," - Sutan Dholi (25), Karyawan Swasta.

"Buruh.. Menurut gw seorang pekerja yang lebih banyak bekerja di pabrik," - Retno Ayu (26), Reporter.

"Buruh itu orang-orang yang identik kerjanya di pabrik, pekerjaan lebih besar menggunakan tenaga dari pada otak," Abdi Nurdiansyah (27), Karyawan Swasta. 

"Buruh ya kita-kita ini,  yang masih pada kerja sama orang dan digaji sama orang. Apapun jabatannya selama tiap bulan kita masih nungguin bayaran atas kerja kita untuk mereka, ya kita ini buruh," - Fitri Andiani (25), Editor Bintang.com. 

Ilustrasi buruh. (via. Pinterest)

Nah tuh, terbuktikan dari empat orang yang ditanya siapa yang benar-benar tahu siapa sebenarnya itu buruh. Bah biar kamu tambah yakin, coba kita cek definisi dari buruh, karyawan dan tenaga kerja di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kalau melihat definisi buruh di KBBI, buruh adalah orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah. Karyawan sendiri adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga (kantor, perusahaan, dan sebagainya) dengan mendapat gaji (upah). Sedangkan tenaga kerja adalah orang yang bekerja atau mengerjakan sesuatu; pekerja, pegawai, dan sebagainya.

Ilustrasi buruh. (via. Pinterest)

Melihat dari definisi di atas, ketiganya memiliki pengertian yang sama, namun memang buruh kerap didikonotasikan sebagai pekerja kasar yang bekerja mengandalkan tenaga. Padahal mereka yang bekerja di kantor juga seorang buruh. 

Buruh sendiri memang dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu, buruh profesional atau yang biasa dikenal dengan buruh kerah putih. Mereka yang masuk dalam kategori buruh kerah putih adalah yang bekerja menggunakan tenaga dan otak dalam bekerja.

Ilustrasi buruh. (via. Pinterest)

Sedang satu yang lainnya adalah buruh kasar atau buruh kerah biru, yaitu mereka yang bekerja dengan menggunakan tenaga otot. Nah kamu sudah tahu kan siapa itu buruh? Apapun dan di mana pun kalian bekerja, kerah putih atau biru bukanlah sebuah hal yang harus dipermasalahkan, yang penting uang yang didapatkan halal ya! Sekali lagi Selamat Hari Buruh, semoga buruh Indonesia diperhatikan hak-haknya dan semakin makmur hidupnya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading