Sukses

Lifestyle

Belajar Jadi Ilustrator Buku untuk Anak Bersama Naomi Kojima

Fimela.com, Jakarta The Alphabet Picture Book dan Singing Shijimi Clams adalah dua diantara sekian banyak buku yang ditulis dan digambar oleh penulis dan juga ilustrator asal Jepang, Naomi Kojima. Ya, buku-bukunya memang tidak hanya beredar di Negeri Sakura saja, tapi juga di Prancis, Swedia, dan tentu saja Indonesia.

Nggak heran kalau beberapa waktu lalu Society of Children's Books Writers and Illustrators Indonesia (SCBWI Indonesia) mengajak Naomi Kojima menjadi pembicara dalam workshop yang bertajuk “The Structure of a Picture Book”. Dalam workshop yang diadakan pada 21 Mei 2017 di Gedung GMT Insititute, Jalan Kendal Nomor 1 Jakarta Pusat tersebut Naomi berbagi pengalamannya dalam pembuatan buku anak melalui live online workshop, khususnya buku bergambar, mulai dari perencanaan konsep hingga pembuatan buku dummy.

Selain Naomi, workshop tersebut juga menghadirkan Michiko Matsukata, kurator Chihiro Art Museum Azumina (ilustrator Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela). Pada kesempatan tersebut Michiko memperkenalkan Chihiro Art Museum dan menyajikan berbagai karya ilustrasi anak menarik yang ditampilkan di Chihiro Art Museum.

Belajar Jadi Ilustrator Buku untuk Anak Bersama Naomi Kojima. (Foto: Istimewa)

“Kegiatan kami didukung oleh jaringan SCBWI internasional, kami juga pernah mengadakan workshop dengan organisasi literasi seperti Room-To-Read, dan dengan ilustrator profesional Yusof Gajah dari malaysia” ujar Ratna Kusuma Halim dari SCBWI Indonesia, usai workshop, Minggu (21/5/2017).

Di tempat yang sama, Direktur GMT Institute, Frumentius da Gomez mengatakan, workshop tersebut sangat penting untuk didukung terutama dalam mendorong dan menumbuhkan ekonomi kreatif bagi generasi muda di Indonesia, khususnya generasi muda yang mempunyai minat menulis dan ilustrasi. “Banyak anak-anak muda Indonesia yang kreatif, baik dalam menciptakan dan mewujudkan karyanya melalui media konvensional maupun multimedia lainnya,” lanjut Frument.

Belajar Jadi Ilustrator Buku untuk Anak Bersama Naomi Kojima. (Foto: Istimewa)

Buat kamu yang ketinggalan workshop bersama Naomi dan Michiko tersebut, maka jangan khawatir, karena keduanya juga akan hadir dalam workshop menulis/ilustrasi lainnya, yakni pada acara bertajuk "Ubud Writers and Readers Festival" yang rencananya akan diadakan pada 25-29 Oktober 2017 di Bali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading