Sukses

Lifestyle

3 Kebiasaan yang Bikin Kamu Nggak Semangat

Fimela.com, Jakarta Dalam satu minggu, pasti ada satu atau dua hari yang bikin kamu nggak semangat. Kadang ada alasannya. Misalnya, karena kamu bosan dengan rutinitas, atau karena kamu harus bertemu dengan orang yang nggak kamu suka. Tapi, kamu nggak semangat tanpa ada alasan

Mood setiap orang bakalan berubah. Tapi, hilangnya semangat nggak melulu karena mood, girls. Dilansir dari Bright Side, kamu juga bisa nggak semangat karena beberapa kebiasaan yang kamu pelihara bertahun-tahun. 

Nah, kebiasaan-kebiasaan ini tanpa sadar kamu lakukan terus setiap hari. Akhirnya, kamu merasa lelah dan nggak lagi punya semangat untuk menjalani hari. Menurut Bright Side, ada beberapa kebiasaan yang bikin kamu jadi nggak semangat

1. Kamu kadang nggak bisa melihat orang lain murung, sedih, atau bahkan marah. Ini wajar, selama kamu nggak mementingkan orang lain. Tapi, kadang kamu nggak bisa menolak dan akhirnya terpaksa membuat janji dengan mereka. Padahal, kamu tahu janji yang sudah kamu buat itu sangat sulit buat kamu tepati. 

Ilsutrasi nggak semangat | Sumber Foto: sofiasiberia.wordpress.com

Akhirnya, kamu malah jadi lelah sendiri saat kamu berusaha untuk menepati janji itu. Bayangkan saja, kamu menjanjikan sesuatu yang nggak bisa kamu tepati. Untuk bertemu orang yang sudah kamu janjikan itu pasti sangat sulit. Akhirnya, kamu jadi membuat banyak dalih dan juga alasan. Kamu jadi lelah karena main 'kucing-kucingan.' Ini juga bisa jadi alasan kenapa kamu nggak semangat. 

2. Banyak orang yang mengandalkan orang lain. Sementara kamu bukan tipe orang yang bisa bilang nggak, atau menolak. Semua yang teman kantor atau kampus minta, kamu nggak bisa menolak dan akhirnya mengiyakan. Sadar, nggak, sih, kalau kamu itu sedang dimanfaatkan? Sadar, nggak, sih, kalau mereka cuma mau enaknya saja tanpa memikirkanmu? 

Sementara kamu nggak bisa menolak dan akhirnya mengerjakan semuanya. Kamu akhirnya nggak lagi punya semangat untuk menjalani hari. Soalnya, setiap kali kamu ingin bersenang-senang dan menikmati jerih payahmu, masih ada pekerjaan yang mereka suruh. Bright Side menulis, kalau kamu ingin harimu lebih cerah, jauhi orang-orang yang merugikanmu, girls. 

Ilustrasi utang | Sumber Foto: usnews.com

3. Punya utang memang jelas-jelas bukan hal yang bisa kamu banggakan. Memiliki utang yang tak kunjung lunas ternyata nggak cuma bikin kamu jadi bahan gunjingan. Tapi juga bikin kamu hidup seperti dikejar-kejar. Soalnya, kamu nggak sanggup membayar utang dan akhirnya muncul bunga baru yang menambah jumlah utang yang harus kamu bayar. 

Dikejar-kejar utang itu nggak enak, girls. Kamu bukan cuma harus bekerja keras, tapi juga nggak akan tenang. Kamu akan selalu takut kalau nanti ada penagih utang yang datang ke rumah atau kantor atau bahkan kampusmu. Makanya, Bright Side menulis, bayar utangmu dengan rajin, dan jangan sampai telat. Semuanya akan baik-baik saja kalau kamu disiplin. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading