Sukses

Lifestyle

Kulon Progo Akan Gelar Festival Bertaraf Internasional

Fimela.com, Jakarta Yogyakarta tenar di kalangan traveler bersama sejumlah wilayah spesifik. Selain Gunungkidul, Kulon Progo juga jadi satu nama yang sering kali terdengar bila berbicara tentang penjalajahan Kota Berhati Nyaman. Dikenal lewat Kalibiru, wilayah di barat Yogyakarta ini terus tebar pesona dengan wajah-wajah menawan lain.

Seperti ingin terus mengukuhkan eksistensi, Kulon Progo siap menggelar pergelaran bertajuk Kulon Progo Festival (Kulfest) pada 24 hingga 26 November 2017. Dikutip dari Liputan6.com, Senin (28/8/2017),  Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo resmi meluncurkan Kulon Progo Festival (Kulfest) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jumat (25/8/2017).

Mengusung tema Kampoeng Nusantara, festival ini akan digelar di Bendung Khayangan, Kulon Progo, Yogyakarta. Arief Yahya mengatakan, Kulfest akan menjadi upaya untuk memperkuat atraksi wisata di kawasan Kulon Progo yang dikenal punya ragam destinasi yang menawan hati. 

"Event festival seni budaya sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya masyarakat. Hal ini sejalan dengan prinsip 'semakin dilestarikan semakin mensejahterakan'," ungkap Arief Yahya, seperti dimuat Liputan6.com.

Kulfest nantinya akan diramaikan berbagai pertunjukan seni budaya, mulai dari seni tari, musik, beragam kompetisi, antara lain fotografi, film, hingga kerajinan dan kuliner. Pergelaran ini tak hanya mendapat dukungan dari seniman dalam, tapi juga luar negeri, termasuk mereka yang berasal dari Australia, Jepang, Thailand dan Tiongkok.

Taman Sungai Mudal, Kulon Progo, Yogyakarta. (Sumber Foto: ratihsukmaresi/Instagram)

Partisipasi ini kemudian membuat Kulfest menjadi event seni budaya bertaraf internasional. Maestro seni tari Didik Ninik Thowok yang dijadwalkan turut meramaikan acara ini mengatakan, penyelenggaraan Kulfest Kampoeng Nusantara bisa meningkatkan ketahanan budaya Indonesia yang memiliki akar tradisi kesenian dan kebudayaan sangat kuat,

“Semua tarian kreasinya selalu mengambil inspirasi dari tarian di seluruh Nusantara. Kegiatan pelestarian ini diharapkan agar kebudayaan Indonesia bisa diapresiasi masyarakat di Tanah Air juga seluruh dunia,” kata Didik Ninik Thowok. Jadi, siap-siap sambut Kulon Progo Festival!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading