Sukses

Lifestyle

Tak Cuma Bikin Hitam, Efek Sinar UV pada Kulit Sangat Berbahaya!

Fimela.com, Jakarta Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperkuat pernapasan, memperlancar aliran darah, memberi vitamin D, meningkatkan metabolisme tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, paparan sinar matahari berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kulit apabila tidak dilindungi. Efeknya lebih jauh dari sekadar membuat kulit hitam.

Menurut Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dr. Srie Prihianti Gondokaryono, paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kulit terbakar, timbul flek, penuaan dini, hingga kanker kulit.

"Ciri-ciri kanker kulit adalah awalnya timbul bintik seperti tahi lalat, tetapi bintik itu jadi membesar, gatal, dan mudah berdarah," ujar dr. Srie, di acara konferensi pers NIVEA #ILOVEMYBODY, di Mall Taman Anggrek, Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Karena itu, ia menganjurkan untuk rajin memproteksi kulit setiap hari dengan cara membersihkan, melembabkan, dan memberi perlindungan yang sesuai. Perlindungan yang paling penting adalah menggunakan tabir surya.

"Masih banyak yang belum memahami besarnya peran tabir surya dalam melindungi kulit dari dampak sinar UVA dan UVB matahari. Sebagian hanya fokus pada perlindungan kulit wajah, padahal kulit tubuh juga perlu perlindungan karena mencakup area yang lebih luas," ucap dr. Srie.

Dia melanjutkan, untuk dapat melindungi kulit tubuh secara maksimal, seseorang membutuhkan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30. Kesalahan orang-orang selama ini, mereka mengira semakin besar SPF, maka semakin besar proteksinya. Padahal, SPF di atas 50 proteksinya tidak jauh berbeda dengan SPF 30.

Tabir surya dengan kandungan SPF 30 dan 50 mampu meng-cover 98 persen spektrum sinar matahari. Lalu, apa pengaruh dari nilai besaran SPF?

"Perbedaan SPF itu terletak di waktu reaplikasinya. Kalau SPF 30, tiap 2 jam sekali harus direaplikasi, terutama bila sedang beraktivitas di luar ruangan. Kalau SPF 50 ke atas, waktu reaplikasinya lebih lama. Namun, semua tergantung apakah dosisnya sudah sesuai atau belum," kata dr. Srie.

Untuk mengetahui apakah kulit kita sudah terproteksi dan sehat atau belum, kita dapat melihatnya secara kasat mata, meskipun untuk sebagian kecilnya saja. Secara kasat mata, kulit yang sehat itu bersih--tidak ada jerawat dan flek, warna kulit rata, dan lembab.
Paparan Sinar Matahari Berlebih dapat Menimbulkan Efek Negatif yang Berbahaya bagi Kulit
Walaupun begitu, mata biasa tak akan bisa melihat apakah kulit sudah terlindungi tabir surya secara merata dan sudah dalam dosis yang tepat atau belum. Hal ini hanya mampu terlihat melalui kamera UV.

Berbeda dengan kamera biasa, kamera UV hanya menangkap sinar UV, bukan spektrum cahaya mejikuhibiniu. Jadi, kamera ini dapat melihat black mark sebagai tanda luasnya area kulit yang dilindungi. Semakin tampak hitam pekat sebagian anggota tubuh pada kamera UV, semakin maksimal kulit itu terproteksi dari sinar UV.

Di mana kita bisa mengakses kamera UV? Menurut fotografer, Arbain Rambey, sebenarnya kamera biasa bisa dijadikan kamera UV, tetapi harus dibongkar dan mengganti bagian filter dan hot mirror-nya dengan filter UV. Dengan begitu, kamera hanya akan menangkap sinar UV.

Namun, karena harga filter tersebut cukup mahal, sekitar Rp 5 jutaan, Anda bisa mencoba kamera UV dengan cara yang lebih murah dan simpel. Anda bisa datang ke Mall Taman Anggrek pada 22-27 Agustus 2017. Di sana, sedang ada event NIVEA #ILOVEMYBODY.

Di acara tersebut Anda bisa mencoba UV Camera Experience, UV Photo Exhibition yang memamerkan karya Arbain Rambey menggunakan kamera UV, serta konsultasi dengan dokter kulit dan nutrisionis.

"Kami juga berkolaborasi dengan Berrybenka meluncurkan koleksi khusus bertemakan "I LOVE MY BODY" yang tersedia mulai 22 Agustus hingga 22 September 2017," ujar Junior Brand Manager PT Beiersdorf Indonesia, Arum Nurhandayani.

Masih dalam rangka kampanye #ILOVEMYBODY, NIVEA juga menjual produk Daily UV Protection, yaitu NIVEA Instant White Body Serum SPF 33, NIVEA Extra White Body Serum SPF 33, dan NIVEA Anti Age White Firming Body Serum SPF 33. Ketiga produk ini dilengkapi vitamin C dan SPF 33 yang dapat mencerahkan kulit dalam waktu 14 hari.

Jadi, sudah yakin belum kulitmu telah terproteksi dari sinar UV dengan baik? Yuk, cek dulu dengan NIVEA UV Camera!



(Adv)

Loading