Sukses

Lifestyle

Mengenal Bagong Kussudiardja yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Fimela.com, Jakarta Sosok Bagong Kussudiardja hari ini (9/10/2017) terpampang di laman muka Google Doodle hari ini untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-89. Ngomong-ngomong kamu sudah tahu belum sih siapa sebenarnya sosok Bagong Kussudiarja?

Bagong Kussudiardja adalah tokoh kesenian asal Indonesia yang tak lain adalah seorang koreografer, pematung penyair dan pelukis yang karyanya telah mendunia. Pria kelahiran 1928 ini pun menghabiskan hari-harinya untuk seni, musik dan tarian Jawa.

Kesungguhannya mendalami seni tari pun ia lakoni hingga menyambangi Jepan dan India. Tak sampai di situ, Google pun menuliskan kalau Bagong juga belajar koreografi di Amerika Serikat dengan koreografer legendaris Martha Graham pada tahun 1957 sampai 1958.

Usai menimba ilmu tari dari berbagai belahan dunia, di tahun 1958 ia pun mengembangkan tari tradisonal dan mendirikan Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja di kampung halamnnya, yang disusul dengan didirikannya Padepokan Seni Bagong Kussudiardja di Bantul, Yogyakarta pada tahun 1978. Semasa hidupnya, ia pun menghasilkan lebih dari 200 macam koreografi kreatif dan rumit.

Bagong Kussudiardja memiliki karya yang mendunia. (Sumber Foto: tokoh.id)

Selain fokus pada koreografi, Bagong Kussudiardja pun terkenal karena lukisan cat minyak dan cat airnya. Gaya lukisannya pun beragam, mulai dari impresionis, abstrak, hingga realis.

Hingga kini karya Bagong Kussudiardja yang juga ayah dari dari dua tokoh seni Indonesia, Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto masih hangat di hati para pencintanya, meski ia telah tutup usia pada tahun 2004 lalu karena komplikasi diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading