Sukses

Lifestyle

Minum Obat, 7 Buah Ini Nggak Boleh Kamu Konsumsi

Fimela.com, Jakarta Nggak ada buah-buahan yang bikin kamu sakit, kalau kondisi tubuhmu fit dan sehat. Makanya, jangan terlalu percaya kalau ada yang bilang buah tertentu bisa menimbulkan beberapa penyakit. Tapi, beda cerita kalau kamu sedang mengonsumsi obat. 

Pasalnya, sebagian buah mengandung zat tertentu yang bisa memperlambat penyembuhan. Soalnya, tingkat efektifan obat akan menurun karena buah-buahan. 

Tapi jangan langsung ketakutan, lho. Karena kamu masih menghindari buah-buah yang nggak boleh dimakan saat mengonsumsi obat. Dilansir dari Dokter Sehat, ada 7 buah yang harus kamu hindari. 

1. Anggur

Kalau kamu sedang sakit dan mengonsumsi obat kimiawi apa pun, ternyata kamu harus menghindari anggur. Meksipun anggur memiliki banyak vitamin dan manfaat, tapi anggur bisa menghancurkan kandungan yang ada di dalam obat. Sehingga, obat nggak bisa diserap oleh tubuh. 

2. Nanas

Seperti ibu hamil, orang yang sakit sedang mengonsumsi obat kimiawi harus hatihati dengan buah ini. Soalnya, nanas bisa meningkatkan konsentrasi darah dan menurunkan penyerapan obat hingga 50 persen. Terutama antibiotik. 

3. Durian

Durian memang nggak boleh kamu makan dalam jumlah banyak sekaligus. Tapi, kalau kamu sedang minum obat, jangan sekali-kali kamu makan durian, ya. Soalnya, buah dengan bau menyengat ini mengandung banyak alkohol, methanol, ethanol, sulfur, serta ethyl metacrylate. Sehingga nggak baik untuk pasien jantung, maag, kolesterol, diabetes, dan asam urat. 

4. Semangka

Banyak orang menyangka, makan semangka nggak akan bikin masalah baru buat pasien. Tapi ternyata, semangka juga berbahaya, kalau kamu mengonsumsi obat untuk penyakit jantung atau hipertensi. Karena bisa memperparah keadaan pasien. 

5. Pisang

Banyak keluarga yang menjenguk orang yang dirawat di rumah sakit sambil membawakan serangkaian buah-buahan. Di dalamnya, sering sekali ada pisang. Padahal, pisang bisa berbahaya bagi orang yang sakit jantung. 

OBat seperti ACE nhibitor atau obat untuk masalah tekanan darah tinggi dan gagal jantung nggak boleh diminum bersamaan dengan pisang. Soalnya pisang mengandung tyramine yang menghambat kineerja obat. 

6. Apel

Apel juga sering banget ada di dalam keranjang buah saat menjenguk orang sakit. Padahal, apel nggak boleh dikonsumsi dekat dengan waktu minum obat. Jadi, kamu harus memberi jeda sekitar 4 jam. Terutama obat asma, pereda demam, atau obat alergi. 

7. Jeruk

Nah, kalau jeruk sepertinya sudah banyak yang tahu, ya? Jeruk it kalau dikonsumsi bersamaan dengan obat demam dan penenang bisa menimbulkan efek samping ang parah. Seperti kerusakan otot, mengantuk berlebihan, hingga halusinasi. 

;
Loading