Sukses

Lifestyle

Ini 3 Amalan Utama di Malam Nisfu Sya'ban, Jangan Sampai Lewat

Bintang.com, Jakarta Malam Nisfu Sy'ban, menajdi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim, mengingat bulan Sya'ban adalah salah satu bulan agung di kalender Hijriah yang memiliki banyak keistimewaan.

Bicara soal malam Nisfu Sya'ban, momen ini jatuh pada tanggal 30 April 2018 yang dimulai sejak masuk waktu maghrib nanti. Di malam Nisfu Sya'ban atau pertengahan bulan Sya'ban pun dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah, di mana Allah akan membuka pintu rahmat dan memberikan ampunan kepada hamba-hambanya.

Melansir laman nu.or.id, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Al-Bukhari, Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan jika di bulan Sya'ban, beliau lebih sering menjalankan ibadah puasa sunah dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Selain berpuasa, ada tiga amalan lain yang dianjurkan dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban. Pertama adalah memperbanyak doa, di mana hal tersebut tertuang dalam hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Amalan selanjutnya yang dianjurkan dilakukan pada malam Nisfu Sya'ban adalah membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya.

Kemudian, amalan ketiga yang dianjurkan di malam Nisfu Syaban adalah memperbanyak istighfar, meminta ampun kepada Allah. Dalam Al-Quran dan hadists juga dijelaskan jika istrigfar dapat memudahkan rezeki.

Dosa Diampuni di Bulan Sya'ban

Sya'ban yang memiliki arti bulan penuh berkah dan kebaikan ini menjadi momen baik untukmu, di mana di bulan ini dosa diampuni, kesulitan akan dimudahkan, dan kesedihan juga akan dihilangkan.

Maka itu, jangan sia-siakan malam Nisfu Sya'ban yang jatuh pada petang nanti (30/4/2018). Semoga Allah mengampuni dosa dan menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

;
Loading