Sukses

Lifestyle

Mana yang Lebih Baik: Menyimpan Emas atau Memiliki Dua Rekening Tabungan?

Next

Kamu setuju nggak kalau ada yang bilang ‘Semakin hari uang semakin tidak berarti’? Mungkin ada yang setuju dan ada yang nggak setuju dengan pernyataan tersebut. Tapi, dengan semakin meningkatnya harga berbagai kebutuhan harian  dan juga naiknya nilai inflasi setiap tahun, membuat nilai uang semakin menurun.

Bedakan antara 'kebutuhan' dan 'keinginan' untuk bisa mulai meyisihkan penghasilanMasih banyaknya orang yang belum bisa membedakan antara ‘kebutuhan’ dan ‘keinginan’ juga membuat mereka selalu tidak merasa cukup dengan pendapatan bulanan mereka. Untuk pada pekerja yang sudah mulai sadar dengan akan kepentingan masa depan yang mapan, biasanya mereka sudah mulai bisa membedakan antara ‘kebutuhan’ dan juga ‘keiniginan’ yang tidak harus selalu dituruti.

Next

 

Gunakan tabungan lain hanya untuk menyimpan biaya harianMereka yang sudah mulai sadar akan pentingnya kemapanan masa depan, biasanya sudah mulai bisa untuk menyisihkan sebagian pendapatan mereka setiap bulan. Salah satu cara yang biasanya banyak dilakukan orang adalah dengan membuka rekening tabungan lain atau mengikuti program tertentu yang dibuat oleh bank yang mereka pilih. Apakah membuka lebih dari satu rekening tabungan merupakan cara ‘menabung’ yang pas?

“Sah-sah saja untuk memiliki lebih dari satu rekening tabungan, dengan catatan rekening tabungan tersebut hanyalah untuk berbagai keperluan jangka pendek (sampai 1 tahun), seperti untuk keperluan sehari-hari dan juga dana darurat. Tapi, untuk keperluan di atas 1 tahun, kamu bisa memilih untuk menggunakan deposito berjangka. Dan untuk keperluan masa depan di atas 2 tahun, cara-cara tersebut kurang pas mengingat adanya inflasi nilai uang setiap tahun. Karena itu, untuk menabung dalam jangka panjang, sebaiknya gunakan saham, reksadana, obligasi, dan logam mulia untuk berinvestasi,” Lisa Soemarto, M. A., RIFA, RFC., Financial Planner di Akbar’s Financial Check Up memberi penjelasan.

Next

 

Mana yang menjadi pilihan kamu?Buat orang awam yang kurang memahami permainan saham, reksadana, dan obligasi; biasanya akan memilih logam mulia sebagai alternatif investasi atau tabungan mengingat logam mulia lebih mudah didapat dan dijangkau oleh masyarakat. “Logam mulia bisa dan sangat mungkin untuk dijadikan alternatif investasi. Harga logam mulia yang fluktuatif membuat benda ini pas untuk dijadikan investasi di atas 1 tahun,” Lisa menyarankan.

Lebih dari satu rekening tabungan atau logam mulia? Masih berpikir menyimpan uang (jangka panjang) dengan menggunakan tabungan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading