Sukses

Lifestyle

Jalan-Jalan Makan: Melarikan Diri dari Kesibukan Jakarta Ke Kota Solo

Next

Selain Jogja, Solo, kota yang terletak di Jawa Tengah ini juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas lelah dan penat dari kesibukan Ibukota. Kotanya yang kecil dengan penduduk yang ramah dan bebas dari macet tentunya, memberikan ketenangan tersendiri buat kamu saat mengunjungi kota dengan penduduk 500.000-an jiwa ini. Belanja batik, wisata budaya, dan wisata kuliner.

jalan-jalan soloKalau soal wisata kuliner, kamu nggak perlu takut mati gaya buat menikmati jajanan khas Solo. Karena mulai dari makanan pinggir jalan sampai makanan yang dijual di toko, semua menjajikan rasa lezat dengan harga terjangkau. Buat sarapan pagi, kamu bisa jajal Soto Gading yang terletak di daerah Gading, Solo. Kalau mengunjungi tempat ini, kamu harus siap mental untuk menunggu giliran untuk dapat tempat duduk. Karena, pengunjung yang datang ke tempat ini memang membludak setiap harinya. Semangkuk Soto Gading dihargai Rp7.000,-. Rasa kaldu ayam yang sangat pekat sepertinya sudah cukup menggantikan bumbu penyedap di soto ini. Untuk pelengkap, kamu bisa memilih berbagai macam satai dan makanan kecil lainnya, seperti satai paru, satai telur puyuh, dan risoles.

Next

 

jalan-jalan soloAtau jika kamu ingin mencoba menu serupa dengan Soto Gading, kamu bisa mencoba Soto Segar Mbok Giyem yang terletak di Jalan Tipes. Di sini, soto tersedia dalam 2 pilihan, Soto Ayam dan Soto Daging. Sama seperti di Soto Gading, di rumah makan Soto Segar pun kamu bisa menemukan berbagai jenis menu pelengkap, seperti berbagai macam satai, perkedel kentang, dan kerupuk. Harga yang dibanderol untuk semangkuk Soto Segar pun tidak jauh berbeda dari Soto Gading. Yang jelas, hanya dengan merogoh kocek Rp30.000,- an, kamu sudah bisa mengenyangkan perut 3 orang dengan berbagai macam menu pelengkap. Namun, jika kamu memang pecinta soto, Soto Gading rasanya wajib masuk ke dalam daftar tujuan wisata kamu.

Sedangkan untuk makan siang, kamu bisa mencoba makan di rumah makan Pecel Solo atau di rumah makan Selat Mbak Lies. Di rumah makan Pecel Solo, tentunya kamu wajib mencoba menu pecelnya. Pecel Solo disajikan dengan nasi dengan pilihan nasi putih, nasi merah, dan nasi kuning. Dan untuk menu pelengkap, kamu bisa mencoba Empal Daging dan Garang Asem. Empal Daging dan Ayam Garang Asem sangat lembut dan dibalut dengan bumbu tradisional yang sempurna.

Next

 

jalan-jalan soloDi rumah makan Selat Mbak Lies ini sudah pasti terkenal dengan Selat Solonya. Kamu bisa mencoba Selat Solo dengan pilihan daging utuh atau dengan galantine. Seporsi Selat Solo dihargai Rp10.000,-. Selain Selat Solo, kamu juga bisa mencicipi Timlo dan Gado-Gado. Untuk minuman penyegar, Es Beras Kencur nggak boleh kamu lewati saat makan di rumah makan Selat Mbak Lies.

Usai santap, kamu bisa mengunjungi Museum Keraton Surakarta sambil menunggu waktu makan malam. Di sini, kamu bisa melihat napak tilas perjalanan Keraton Surakarta mulai dari masa penjajahan hingga kini. Namun sayang, Keraton Surakarta terlihat kurang terawat, beberapa tempat kusam dan banyak debu bertebaran.

Next

 

jalan-jalan soloNah, untuk urusan makan malam, kamu bisa pergi ke daerah Solo Baru. Di sana kamu wajib mampir ke warung Nasi Liwet Yuk Sani. Nasi Liwet Yuk Sani memang terlihat sangat biasa, hanya nasi putih yang disajikan dalam bungkusan daun pisang, bersama sayur labu dan santan kental, serta beberapa menu tambahan yang bisa dipilih, seperti Telur Pindang, Ati-Rempela, dan Bacem. Walaupun rumah makan ini terlihat sangat sederhana dan terletak di pinggir jalan, pengunjung rumah makan Yuk Sani cukup ramai hingga kamu perlu sedikit bersabar saat memesan makanan. Usai santap makan malam, kamu bisa mampir ke Wedangan sebelum mengakhiri jalan-jalan malam kamu. Tidak jauh dari rumah makan Yuk Sani, kamu bisa menemukan banyak Wedangan. Wedangan adalah warung yang biasa menjual berbagai macam jenis Wedang. Tapi, tentu bukan hanya Wedang yang bisa kamu temui di sini. Nasi Tim, Bakmi, Satai Keong, Satai Paru juga bisa kamu temukan di sini.

Next

 

jalan-jalan soloUntuk urusan oleh-oleh, kamu bisa menjajal Pasar Klewer dan Orion. Di Pasar Klewer kamu bisa puas memanjakan matamu dengan pemandangan pakaian batik. Walaupun hanya pasar, tapi kualitas batik di Pasar Klewer juga nggak kalah dengan kualitas batik yang dijual di pertokoan pinggir jalan. Tentunya kamu bisa memilih pakaian sesuai dengan budget yang kamu sediakan. Untuk daster batik, misalnya, kamu bisa memilih daster mulai dari harga Rp25.000,- hingga Rp50.000,-. Dan untuk bahan batik pun tersedia mulai dari batik cap hingga batik tulis. Nggak lengkap rasanya kalau belum membawa oleh-oleh makanan khas Solo. Untuk urusan yang satu ini, kamu bisa pergi ke toko Orion. Toko Orion terkenal dengan Bolu Mandarijn Orion. Bolu ini adalah oleh-oleh wajib dari Solo yang nggak boleh kamu lewatin. Tapi, selain Bolu Mandarijn tentu ada berbagai macam penganan lain yang bisa kamu pilih, seperti Abon Sapi Varia, Keripik Paru, dan Bagelen.

Sederet tempat di atas bisa kamu masukan ke dalam daftar tempat tujuan jalan-jalan di kota Solo. Mulai dari wisata kuliner, budaya, hingga urusan oleh-oleh lengkap mengisi perjalananmu.

;
Loading