Sukses

Lifestyle

Perhatikan Hal Ini Saat Membuat Gaun Pengantin Impian

 

Jakarta Proses pembuatan gaun dan kebaya pernikahan tidak semudah yang kamu bayangkan. Atur timeline agar kamu tidak panik belakangan. 

8-12 bulan sebelumnya

Kamu suka gaun pernikahan yang melenggang di runway dan mau jadikan gaun untuk hari spesial? Siapkan waktu yang lebih lama untuk mewujudkannya. Gaun haute couture atau kebaya custom made dengan detail yang kompleks memakan waktu pembuatan 8 hingga 12 bulan. Biasanya, potongan maupun aplikasinya harus dikerjakan dengan cermat dan dibuat dengan tangan. Kamu harus bersabar untuk menanti hasil akhirnya. Tak hanya dalam proses menjahit saja, gaun haute couture sering harus melewati proses pembuatan material terlebih dahulu sehingga bahan yang digunakan benar-benar langka dan tak biasa.

6 bulan sebelumnya

Saatnya kamu mendatangi butik perancang atau rumah kebaya untuk mempersiapkan busana pernikahan. Enam bulan adalah waktu yang sangat ideal untuk memulai konsultasi terlebih dahulu dengan perancang mengenai konsep serta dekorasi resepsi untuk disesuaikan dengan kebaya atau gaun pengantin yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memilih bahan kebaya yang sesuai dengan keinginan kalau  perancang tidak menyediakan apa yang kamu inginkan. Di waktu ini, gaun pengantin atau kebaya akan dibuat sesuai dengan tipe tubuh dan pas dengan ukuran kamu, Fimelova.  Beberapa perancang melakukan fitting berkali-kali. Namun ada juga perancang yang hanya melakukan fitting dalam dua kali pertemuan, ketika 80% jadi dan ketika gaun atau kebaya pernikahan akan diambil. Saat fitting terakhir adalah kesempatan terakhir kamu untuk mempertahankan berat badan dari hasil diet yang sudah kamu jalani.

3 bulan sebelumnya

Waktu berlalu begitu cepat, sementara kamu belum mendapatkan target busana pengantin yang kamu inginkan? Di waktu yang sangat sempit ini pilihannya adalah membeli atau menyewa di butik dan bridal. Untuk pilihan membeli, kamu perlu melakukan survei dengan cepat karena tidak semua gaun pengantin siap pakai langsung pas di badanmu. Selalu saja ada bagian yang harus diperbaiki, kecuali kamu memang sudah  benar- benar berjodoh dengan wedding dress tersebut. Namun jika waktunya sangat sempit dan kamu masih banyak urusan yang tidak bisa ditinggalkan, menyewa wedding dress adalah solusi yang tepat. 

Foto: Lacie Hansen

Penulis: Aulia Fitrisari

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading