Sukses

Lifestyle

Editor Says: Cewek dan Gejala Serangan Jantung

Fimela.com, Jakarta Banyak penyakit yang cuma menyerang cewek. Misalnya gangguan kesehatan pada ovarium, atau rahim, dan organ-organ tubuh lain yang cuma dimiliki cewek. Tapi, ada satu penyakit cewek yang memiliki sedikit perbedaan dengan cowok. Serangan jantung. 

BACA JUGA

Ya, serangan jantung memang bisa terjadi pada siapa saja. Tapi, gejala yang dialami cewek ternyata berbeda dengan apa yang dialami cowok. Sayangnya, nggak banyak cewek tahu soal ini. 

WebMD menulis, kalau pada cowok, salah satu gejala serangan jantung adalah rasa sakit pada dada. Begitu seorang pria mengalami tanda ini, segera bawa ke rumah sakit. 

Tapi, tanda ini nggak bakal ada kasus serangan jantung yang dialami cewek. Banyak orang yang nggak menyadari perbedaan ini. Bahkan, sedikit juga cewek yang tahu soal perbedaan ini. 

Padahal, ketika tanda seerangan jantung muncul, baik pada pria maupun wanita, harus segera ditangani dengan cepat dan tepat. Terus, gimana angka kematian wanita gara-gara serangan jantung bisa berkurang, kalau nggak banyak orang tahu apa saja gejala serangan jantung pada cewek. 

Untuk bisa membedakannya, Live Strong menulis, harus tahu dulu apa saja tanda serngan jantung pada pria dan wanita. Dengan kata lain, kamu harus tahu gejala umumnya dulu. 

Dilansir dari WebMD, gejala umum serangan jantung antara lain rasa sakit seperti diremas pada dada. Napas pendek, mudah berkeringan, dada terasa kencang. Rasa sakit pada dada juga bisa menyebar ke bahu, leher, lengan, dan juga rahang. 

Selain itu, gejala lanjutan antara lain heartburn, mual-mual, muntah, dan pusing yang datang secara tiba-tiba. Nah, terus, apa yang membedakan gejala penyakit serangan jantung dengan wanita?

Gejala pada Wanita

Ternyata, gejala serangan jantung pada cewek sangat berbeda. Selain ada ada juga beberapa gejala umum, serngan jantung pada wanita biasanya ditandai dengan gangguan pencernaan, ata juga sakit perut seperti terlalu banyak gas di dalam organ pencernaan. 

Selain itu, pasien juga akan merasa pusing, mual, lemas yang tak terkira, dan merasa sangat kelelahan. Padahal, tak ada aktivitas yang menguras tenaga sebelumnya. Selain itu, juga muncul rasa sakit pada bahu. 

 

Tapi, dari pada pusing dengan apa gejala yang berbeda-beda dan juga banyak ini, lebih baik fokus pada bagaimana caranya memiliki tubuh yang sehat, terutama jantung yang sehat. 

Situs CDC.gov menulis, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk memiliki jantung sehat. Pertama, tentu saja olahraga kardio, kemudian menjaga pola makan sehat, dan juga berhenti merokok. 

Selain itu, sebenarnya setiap orang harus mengecek tekanan darah secara berkala. Ini membantumu mengetahui apakah ada gangguan pada kesehatan tubuhmu. 

 

 

Karla Farhana, 

 

Editor Lifestyle Bintang.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading