Sukses

Lifestyle

Cuma Satu Gerakan, Ini Alasan Kenapa Plank Ratakan Perutmu

Fimela.com, Jakarta Perempuan mana yang tidak ingin memiliki tubuh bugar? Tapi di samping kebugaran, tubuh yang ideal juga banyak diidam-idamkan. Kini banyak perempuan yang mulai memerhatikan pola makan dan asupan serta olahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat. 

Indikasi tubuh sehat bukan berarti kurus. Namun, ukuran lingkar perut memang penting. Selain karena ingin agar terlihat seksi, perut buncit juga bisa menjadi indikasi pencernaan yang tak bekerja dengan optimal, atau pola makan yang buruk. 

Prevention menulis, perut buncit bisa saja dikarenakan kita terlalu banyak makan makanan berkarbohidrat. Atau, juga karena gangguan sistem pecernaan. 

Selain harus menjalani diet sehat dengan memerhatikan keseimbangan nutrisi, untuk menghilangkan perut buncit, kita perlu berolahraga. Bagi pemula, melatih otot core tak perlu banyak gerakan dan variasi, cukup dengan melakukan plank. 

2 dari 2 halaman

Kenapa Plank Jadikan Perut Rata?

Ada banyak gerakan olahraga yang bisa membuat perut menjadi toned dan flat. Tapi, tidak semua gerakan populer efektif. Shape.com menulis, banyak perempuan yang mengeluh kenapa perutnya masih saja buncit meski sudah melakukan banyak crunches. 

Menurut Lou Schuler, co-author buku berjudul The New Rules of Lifting for Abs, gerakan tersebut hanya akan melatih otot perut bagian depan dan abdomen samping. Sementara, untuk mendapatkan perut rata, kita harus menargetkan seluruh otot pada perut dan core. 

Schuler kemudian mengatakan kepada Shape.com, untuk mendapatkan perut rata, lakukan plank dengan berbagai variasinya. Pasalnya, seluruh variasi plank menargetkan seluruh otot pada core dan perut. 

Beberapa variasi plank antara lain side plank, half plank, dan lain sebagainya. Selain itu, olahraga ini fleksibel karena bisa kita lakukan di mana pun, termasuk di rumah. 

Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Bangkitkan Semangat Olahraga, Asian Games 2018 Juga Picu Kreasi Seni
Artikel Selanjutnya
Galeri Foto: Momen-Momen Dramatis Asian Games 2018