Sukses

Lifestyle

Fakta Soal Honeymoon Cystitis yang Perlu Diketahui Pengantin Baru

Fimela.com, Jakarta Pasangan suami istri yang baru saja menikah biasanya akan meluangkan waktu beberapa hari untuk berlibur bersam, alias honeymoon. Di tengah momen yang masing sangat romantis, kadang perempuan memiliki keluhan usai bercinta untuk pertama kalinya. 

Termasuk terjadinya infeksi pada saluran kemih. Menurut Dokter Umum dr. Dyan Mega Inderawati, perempuan yang baru saja menikah sering terkena penyakit ini. 

Infeksi tersebut juga disebut dengan honeymoon cyctitis. Disebut dengan honeymoon, pasalnya infek saluran kemih biasanya terjadi pada saat pertama kalinya perempuan menerima penetrasi setelah menikah. 

Menurut Dyan, 75-90% perempuan yang baru menikah mengalami gangguan ini. Selain karena seks pertama kali, infek tersebut juga bisa muncul karena frekuensi melakukan hubungan intim tinggi saat baru menikah. 

Meskipun tak begitu berbahaya dan bisa diobati, namun penting buat setiap perempuan untuk tahu betul apa saja gejala dan tanda-tanda honeymoon cystitis.

2 dari 2 halaman

Gejala Honeymoon Cystitis

Klik Dokter menulis, meski kondisi ini cenderung mudah untuk disembuhkan, tapi kita tetap harus waspada. Infeksi saluran kemih ditandai dengan rasa sakit saat Buang Air Kecil, frekuensi berkemih meningkat, dan kadang juga bisa terdapat darah pada urin. 

Demam juga kadang menyertai serangkaian dari gejala ini. Ketika memeriksakannya ke dokter, biasanya urin akan diperiksa. Kalau ditemukan adanya bakteri, dokter akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan honeymoon cystitis.