Sukses

Lifestyle

Manfaat matcha yang tidak diketahui, sudah pernah dengar?

Fimela.com, Jakarta Matcha memang sedang populer, baik manfaatnya dari segi kesehatan, maupun kecantikan. Matcha memiliki kandungan antioksidan yang sangat kaya.

Terbuat dari daun teh hijau yang kaya nutrisi, matcha dan teh hijau sering digunakan secara bergantian. Matcha biasanya dibuat dari daun teh hijau yang telah dikukus dan ditumbuk menjadi serbuk halus, kemudian disimpan dalam ruangan tanpa cahaya dan oksigen untuk memperkaya sifat antioksidannya.

Inilah mengapa matcha adalah bubuk daun teh hijau murni yang lebih terkonsentrasi. Dilansir dari sheknows.com, Kamis (18/10/2018), kandungan antioksidan di dalam matcha 137 kali lebih besar daripada jenis teh hijau lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari matcha yang jarang diketahui.

1. Matcha meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, sebanyak sepertiga dari semua kematian pada orang-orang dengan usia di atas 35 tahun. Menariknya, beberapa penelitian menemukan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Matcha meremajakan kulit

Karena sifat detoksifikasinya, matcha dikenal dapat melembapkan, mengelupas, dan melembapkan kulit. Klorofil dalam matcha yang melindungi daun dari sinar matahari dan memberi warna hijau dapat membersihkan kulit dari racun, serta melindunginya dari bahan kimia yang dapat membuat kulit rentan terhadap noda atau perubahan warna.

 

Matcha dapat membantu melawan kanker

3. Matcha membantu melawan kanker

Antioksidan yang paling dominan ada di dalam matcha adalah epigallocatechin gallate, secara khusus terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Beberapa studi membuktikan bahwa antioksidan tersebut dapat mengganggu beberapa proses yang terlibat dalam replikasi sel, menyebabkan kematian sel tumor.

4. Matcha meningkatkan metabolisme dan mempertahankan energi

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Psychopharmacology di tahun 2015 menemukan bahwa L- theanine di dalam matcha dapat mengubah efek kafein yang mempromosikan fokus berkelanjutan. Kafein dalam matcha mengandung L-theanine dan energi yang bisa bertahan dari tiga hingga enam jam.

5. Matcha meningkatkan kemampuan memori dan konsentrasi

Matcha dapat menjadi sarana untuk relaksasi dan meditasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Wageningen University di tahun 2017 menunjukkan bahwa L-theanine juga memproduksi dopamin dan serotonin, berfungsi untuk meningkatkan suasana hati, memori, dan konsentrasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading