Sukses

Lifestyle

Cara memasak mie agar tidak menggumpal dan matang sempurna

Fimela.com, Jakarta Masakan mie merupakan masakan yang disukai banyak orang. Mie dengan rasa yang khas dan dimasak dengan bumbu yang gurih, menjadikannya semakin lezat nan menggugah selera. Saat mie dimasak bersama bahan masakan lain seperti halnya sayur, daging, telur dan sosis, ini akan membuat masakan mie semakin lezat.

Tapi, kira-kira bagaimana cara memasak mie agar tidak menggumpal dan lengket. Penting kita tahu, tidak sedikit masakan mie yang setelah dimasak justru menggumpal, lengket bahkan tidak matang sempurna. Jika kita ingin memasak mie yang tidak menggumpal dan dipastikan matang sempurna, begini caranya Sahabat Fimela.

Waktu merebus

Penting untuk memperhatikan waktu merebus mie. Jangan merebus mie dengan waktu terlalu cepat maupun terlalu lambat. Mie yang direbus sangat cepat akan menjadi kurang matang. Sedangkan mie yang direbus terlalu lambat atau lama, ini bisa membuat tektur mie jadi lembek. Perhatikan selalu mie di dalam panci dan angkat jika dirasa mie sudah matang serta empuk.

2 dari 2 halaman

Beri minyak dan rendam di dalam air dingin

Beri minyak

Saat merebus mie, usahakan untuk menambahkan minyak goreng sedikit saja. Ini agar mie tidak lengket maupun menggumpal. Saat mie diangkat dan ditiriskan, beri juga sedikit minyak kemudian aduk rata. Minyak berperan aktif dalam memisah mie satu dengan lainnya agar tidak menggumpal.

Rendam di alam air dingin

Cara selanjutnya agar mie tidak menggumpal dan lengket adalah rendam mie yang telah direbus di dalam air dingin atau air es. Rendam mie di dalam air kira-kira selama 1 menit kemudian tiriskan. Olah mie sesuai selera menjadi masakan lezat menggugah selera.

Itulah cara memasak mie agar tidak menggumpal dan matang sempurna. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya
Cara menyimpan bumbu ketumbar dan merica agar tahan lama
Artikel Selanjutnya
Cara menyimpan buah semangka setelah dipotong