Sukses

Lifestyle

Makan Camilan Ini Sebelum Tidur untuk Meningkatkan Metabolisme Pagi Hari

Fimela.com, Jakarta Semua dari kita pasti pernah mencari tahu bagaimana cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satu tips yang paling populer adalah minum air putih di pagi hari atau makan pedas di malam harinya. Bagaimana faktanya?

Ternyata kedua cara di atas tidak berpengaruh secara signifikan. Meski kebiasaan menenggak air putih saat bangun tidur kecil efeknya, jangan hilangkan hal itu dari kebiasaanmu.

Nah, menurut studi terbaru yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition, ditemukan cara alami untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Caranya pun terbilang menyenangkan karena Sahabat Fimela bisa ngemil malam sebelum tidur. 

Camilan yang direkomendasi yaitu mengonsumsi keju cottage sebelum tidur. Mungkin varian keju ini kurang populer dibanding mozarella atau parmesan.

Cottage cheese adalah keju lembut yang dibuat dari dadih dan punya rasa asam. Karena cara pembuatannya yang relatif mudah, keju jenis ini juga banyak dibuat di rumah (homemade).

 

Mengetes efek keju cottage

Untuk menentukan apakah keju cottage mempunyai dampak langsung pada tingkat metabolisme dan pemulihan otot, maka dibuatlah sebuah penelitian. Penelitian digagas oleh Profesor Nutrisi, Makanan, dan Ilmu Olahraga Michael Ormsbee, PhD dari Florida State University dan Ahli Diet Samantha Leyh, RD.

Mereka mengajak peserta perempuan berusia 20-an untuk menjajal keju cottage dan suplemen protein kasein sekitar 30-60 menit sebelum tidur. Para peserta juga menjalani penghitungan Resting Energy Expenditure (REE) atau pengeluaran energi yang dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi normal tubuh pada saat istirahat sebelum dan sesudah tidur.

Mereka menyimpulkan jika mengonsumsi 30 gram protein sekitar 30 menit sebelum tidur, mempunya efek positif pada kualitas otot, metabolisme, dan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, penelitian membuktikan jika keju cottage pun berhsil bekerja seperti suplemen protein dan protein smoothie yang mempunyai manfaat mendongkrak metabolisme. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading