Sukses

Lifestyle

Komunitas Muda Dayak, Cara Generasi Muda Melestarikan Kebudayaan Kalimantan

Ladies, begitu mendengar suku Dayak apa yang ada didalam benak Anda? Suku Dayak memang kaya akan seni budaya dan banyak cerita yang begitu menarik tentang Dayak. Tidak heran bila banyak para turis asing yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajari suku yang ada di Kalimantan ini.

Dayak Youth Community Culture and Environmental Survival atau Komunitas Muda Dayak dibentuk sejak bulan Oktober 2002 di Jakarta. Komunitas ini berdiri karena berawal dari rasa kerinduan generasi muda Dayak yang berasal dari berbagai sub-suku Dayak Kalimantan. Banyak yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya dan mereka ingin suku Dayak tetap mempertahankan kecintaan terhadap tanah kelahiran dan akar kebudayaan mereka.

Penampilan tari Dayak/ copyright by Vemale.com

Dayak Youth Community atau DYC dibentuk sebagai wadah berkumpulnya anak muda Dayak dan yang berjiwa muda dan suku lainnya yang memiliki kepedulian terhadap pelestarian dan pengembangan seni budaya Dayak. Komunitas ini pun merupakan organisasi sosial yang non-politis dan lintas agama. Ruang lingkup program Komunitas Muda Dayak berfokus pada kegiatan di bidang seni dan budaya Dayak, baik tradisional maupun kontemporer.

“Tujuan didirikannya Komunitas Muda Dayak ini  adalah untuk mengobati kerinduan orang-orang Dayak yang ada di Jakarta terhadap asal usul budaya mereka. Kita punya inisiatif untuk mendirikan komunitas dari lima Kalimantan,” ujar Monika Oktaviana salah satu pendiri Komunitas Muda Dayak di Pasific Place Jakarta Rabu 20 Agustus 2014 lalu.

Foto: copyright by Vemale.com

Menurutnya, suku Dayak memiliki 400 suku budaya dan bahasa yang masih harus dipelajari, karena tidak semua juga orang Dayak yang mengetahui semua bahasa itu, apalagi suku lain yang masih banyak belum tahu tentang beraneka ragamnya suku Dayak yang tersebar di Kalimantan.

Maka dari itu, misi Komunitas Muda Dayak ini adalah untuk memperkenalkan dan menanamkan rasa cinta dan kepedulian generasi muda Dayak dari seluruh sub-suku yang ada terhadap akar budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang.

Foto: copyright by Vemale.com

“Selain itu, kami ingin mengajak siapapun dan dari suku apapun yang ingin mengenali seni budaya Dayak lebih jauh dan peduli pada pelestarian dan pengembangannya. Sebagai generasi muda Dayak yang nenek moyangnya memiliki filosofi dan tradisi yang kuat pada pemeliharaan lingkungan hidup di sekitarnya, Komunitas Muda Dayak juga mengembangkan misi yang concern pada issue pelestarian lingkungan,” jelas Monika.

Nah, itu dia Ladies tentang komunitas budaya Dayak. Budaya memang patut dilestarikan dan dikembangkan agar tidak hilang ditelan jaman dan modernitas Ladies.

(vem/yun/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput