Sukses

Lifestyle

Etika Berkirim Pesan Teks untuk Urusan Pekerjaan, Perhatikan 5 Hal Ini ya!

Fimela.com, Jakarta Dengan adanya aplikasi pesan yang makin mudah digunakan, berkirim pesan dan berkomunikasi jadi lebih efisien. Terlebih untuk urusan pekerjaan atau menjalin komunikasi dengan rekan sejawat atau klien bisnis, berkirim pesan untuk berbagai urusan pekerjaan bisa memudahkan banyak hal.

Hanya saja sayangnya, kadang kita masih belum paham betul etika berkomunikasi di dunia pekerjaan. Cara kita berkomunikasi dengan klien semestinya memang berbeda dari cara kita berkomunikasi dengan teman atau sahabat dekat. Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan bila berkomunikasi via pesan teks di dunia pekerjaan.

1. Ucapkan Salam

Salam pembuka jangan sampai diremehkan begitu saja. Kalimat untuk salam ini pun bisa disesuaikan sesuai kebutuhan atau kepentingan. Sekadar "selamat pagi" atau "halo" bisa jadi salam pembuka yang cukup mudah diterima. Sebuah kalimat salam yang singkat sudah bisa jadi tanda kalau kita menghormati klien atau rekan kerja yang kita ajak berkomunikasi.

2. Perkenalkan Diri

Untuk yang baru akan menjalin komunikasi atau baru pertama kali mengirim pesan dengan calon klien baru misalnya, penting untuk memperkenalkan diri. Sebutkan nama, asal kita (dari kantor atau perusahaan apa), dan maksud tujuan kita secara singkat. Kalau kita tak memperkenalkan diri, si penerima pesan bakal bingung dan mengabaikan pesan kita.

3. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Hindari penggunaan singkatan atau bahasa gaul saat membicarkan soal pekerjaan. Demi menjaga profesionalisme dan kelancaran kerja, bahasa yang dipakai sebaiknya bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tidaklah susah untuk memilih kata-kata yang sopan dan mengetiknya dengan lengkap, bukan?

4. Biasakan Berterima Kasih

Akhiri percakapan dengan mengucapkan terima kasih. Sekecil apapun bantuan dan kerjasamanya, penting untuk mengucapkan terima kasih sebagai bentuk apresiasi kita padanya. Apalagi kalau urusan pekerjaan bakal dilakukan dalam jangka panjang, maka penting untuk membiasakan berterima kasih dalam berkomunikasi.

5. Komunikasi pada Hari Kerja atau Jam Kantor

Kurang sopan rasanya kalau kita mengirim pesan untuk urusan pekerjaan pada larut malam saat klien sedang istirahat (kecuali sebelumnya memang sudah ada kesepakatan khusus). Waktu yang paling ideal untuk membicarakan soal pekerjaan ada pada hari kerja atau jam kantor.

Lima poin di atas adalah dasar berkomunikasi dengan klien atau rekan kerja di dunia pekerjaan. Tapi tak menutup kemungkinan etika ini juga diperlukan saat berkomunikasi dengan guru, dosen, atau orang-orang yang kita hormati.

Bisa jadi ada sejumlah poin yang bisa dibuat lebih fleksibel, tergantung dengan siapa kita berkomunikasi hngga kultur perusahaan atau tempat kerja masing-masing. Semoga infonya bermanfaat untuk Sahabat Fimela sekalian, ya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Pentingnya Memiliki Fokus dalam Berkarier
Artikel Selanjutnya
Bekerja Maksimal dengan Hati Senang, 4 Tips Menciptakan Kondisi Flow