Sukses

Lifestyle

Ini Dia Cara Aman untuk 'Unfriend' Teman di Dunia Nyata

Terkadang saat menjalin pertemanan yang sangat lama, kamu bisa saja merasakan sesuatu yang nggak cocok dengan temanmu. Entah karena ada alasan yang jelas ataupun tak ada alasan, kamu bisa saja tidak menyukainya. Padahal kalian sudah berteman lama selama bertahun-tahun. Hal ini bisa saja kamu alami saat dia tidak sadar bahwa ia pernah menyinggung perasaanmu dan membuatmu kesal.

Wajar jika kamu merasa temanmu sudah mulai berubah karena kamu sudah jarang menyempatkan waktu untuk bertemu dengannya. Namun, bisa saja ini adalah waktu yang tepat untuk memutuskan tali pertemanan kalian. Ketahui bahwa semakin bertambahnya usia maka semakin dewasalah kamu dalam memilih teman dan memperkecil lingkaran pertemananmu. Mempertahankan teman yang selalu ada dan selalu bisa dipercaya adalah pilihan yang tepat, karena teman yang akan menolongmu nanti saat kamu merasa terjatuh.

Mungkin kamu pernah sangat akrab dan lengket bersamanya layaknya saudara, tapi itu sudah bertahun-tahun yang lalu. Berat sudah pasti, namun apakah kamu masih mau menjalani pertemanan yang tidak dilandasi dengan hati yang tulus? Ada baiknya lakukan hal beberapa hal berikut ini untuk menyikapinya.

  1. Pikirkan kembali sebelum benar-benar memutuskan hubungan pertemananmu. Bisa saja kamu hanya stres dan banyak pikiran saat terpikir ada masalah dengannya. Beri jeda sehari atau 2 hari untuk tenang dan berpikir bahwa memutuskan pertemanan dan mengembalikannya kembali tidak semudah yang dibayangkan.
  2. Cobalah membicarakan masalah dengannya agar masalah selesai. Memang sih awalnya bakal merasa tak nyaman, namun dengan jujur dan terbuka pastinya hubungan kalian berakhir dengan tenang dan sama-sama tak salah paham. Sebagai teman pasti dia akan mau mendengar dan mengerti.
  3. Setelah yakin, jangan mentolerirnya lagi. Dibalik kamu yang terlihat akrab dengannya, pasti kamu punya alasan kuat mengapa memutuskan pertemanan dengannya. Jika kamu sudah memantapkan hati, segeralah akhiri pertemanan tak sehat ini.
  4. Jika kalian sudah tahu alasannya masing-masing, maka kamu bisa lanjutkan dengan mengunfollow segala social medianya. Hal ini bisa menunjukkan bahwa kalian tidak akan berteman lagi selamanya.

Memang tak mudah untuk melepaskan pertemanan jika ia sudah akrab denganmu selama bertahun-tahun. Namun ada hal penting yang harus kamu tahu bahwa setiap pertemanan itu selalu akan ada perubahan. Jika ia pernah bisa jadi sahabatmu dulu, bukan berarti ia bisa jadi sahabatmu untuk sekarang.

 

(vem/mgg)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebagai Sahabat Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
5 Cara Jitu untuk Hibur Sahabat Agar Bisa Tersenyum Kembali