Sukses

Lifestyle

Kakek Berusia 122 Tahun Asal Rusia Bagi Rahasia Panjang Umur, Coba Yuk!

Kemarin, seorang nenek asal Rusia bernama Tanzilya Bisembeeva telah berbagi rahasia bagaimana ia bisa hidup panjang umur dan tetap sehat di tiga abad. Nenek Tanzilya mengungkapkan bahwa ia panjang umur dan senantiasa sehat adalah menikmati hidupnya setiap hari dengan sabar dan ikhlas. Nenek ini juga mengajarkan bagaimana kita menyatu dengan hidup dan menjalani segalanya dengan pikiran tenang juga bahagia.

Selain nenek Tanzilya, lansia asal Rusia lain yang berbagi rahasia panjang umur adalah kakek Appaz Ilive. Melansir dari RBTH Indonesia, kakek Appaz yang lahir tahun 1896 ini merupakan penduduk Ingushetia. Ia tinggal di desa Guli, sebuah desa yang terletak di pegunungan setempat yang cukup jauh dari perkotaan.

Sepanjang hidupnya, kakek Appaz hanya turun gunung sebanyak satu kali. Ia pun hanya turun ketika hendak berperang saat revolusi dengan tentara Putin. "Dia turun hanya untuk bertarung saat revolusi dengan tentara Putin. Ia maju ke garda paling depan selama perang Patriotik Raya. Dari sanalah, ia kemudian dideportasi ke Kazakhstan," ungkap Ahkmet, keponakan kakek Appaz.

Kakek Appaz telah berusia 122 tahun/copyright Said Taarneev/Sputnik

Sejak muda, kakek Appaz dikenal sebagai pribadi yang sehat. Ia juga sangat jarang sakit. Ia adalah seorang yang sangat memperhatikan pola hidupnya. Sepanjang hidupnya, kakek Appaz tidak pernah merokok. Ia juga tak pernah mengonsumsi minuman beralkohol.

Kakek Appaz sangat suka mengonsumsi sayur yang ditanam di kebunnya sendiri. Ia juga menyukai produk susu, daging dan minuman yang langsung diperoleh dari mata air setempat. Pola hidupnya yang sehat inilah yang digadang-gadang sebagai rahasia panjang umurnya. Menariknya lagi, hingga usianya begitu senja saat ini, semua giginya masih utuh dan tanpa masalah.

Hingga lima tahun yang lalu, hobi kakek Appaz adalah mendaki. Ia juga gemar menunggang kuda. Tapi kini, karena usianya semakin senja dan kekuatan fisiknya tak sekuat dulu, ia sudah berhenti menekuni dua hobinya ini. Ketika ditanya apa pelajaran hidup paling penting, kakek Appaz mengatakan, "Seseorang menjadi baik jika kamu melihat kebaikan dalam dirinya."

Sejauh ini, kakek Appaz telah dikaruniai 8 anak, 33 cucu, 34 cicit dan beberapa buyut. Dia hidup panjang umur lebih panjang dari dua istrinya, istri pertama dan keduanya. Ia juga memiliki usia lebih panjang dari ketiga anaknya. Tetap panjang umur dan sehat selalu kakek Appaz.
Sumber: Liputan6.com



(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Remuk Hatiku Saat Suami Memilih Pelakor, Tapi Kutegarkan Jiwa demi Putraku
Artikel Selanjutnya
Kepergian Ayah untuk Selamanya Jadi Titik Balik Hidupku