Sukses

Lifestyle

Lahir Tahun 1890, Ini Rahasia Panjang Umur Nenek Nanu Shaova asal Rusia

Beberapa hari lalu, seorang nenek dan kakek asal Rusia telah berbagi rahasia panjang umurnya yang mampu hidup lebih dari 100 tahun. Kini, seorang nenek yang masih berada di negara sama dengan nenek dan kakek sebelumnya, juga berbagi rahasia agar memiliki usia panjang. Nenek ini adalah nenek Nanu Shaova.

Melansir dari RBTH Indonesia, nenek Nanu dinobatkan sebagai wanita tertua di Rusia. Di paspornya tertulis ia lahir tanggal 00-00-1890. Karena pada abad ke-19 tidak ada akta kelahiran, saat mengajukan paspor ia hanya bisa mengingat tahun lahirnya tanpa mengingat tanggal dan bulan lahirnya.

Di ulang tahunnya ke 125, Presiden Vladmir Putin mengucapkan selamat atas umur panjangnya. Dan tahun ini, ia dinobatkan sebagai wanita tertua di Rusia dan masih berhak memberikan suara di pemilu yang akan diselenggarakan. Nenek Nanu memiliki hak penuh untuk ambil suara di pemilihan umum tahun ini di Rusia.

Nenek Nanu kini telah berusia 128 tahun/copyright Zubair Bayrakov/Tass

Mengenai nenek Nanu sendiri, ia telah memiliki lima anak, 14 cucu dan 12 cicit. Wanita mengagumkan ini tinggal di Desa Zaikovo dan sepanjang hidupnya bekerja di pertanian kolektif setempat. Ia juga merupakan seorang wanita yang selalu menjaga pola hidupnya. Demi mendapat usia panjang, selain pikirannya yang harus bahagia dan tenang juga sabar, ia juga begitu memperhatikan pola makannya.

Nenek Nanu yang masih bisa berjalan dengan baik, ingatannya tajam dan pendengarannya baik ini akan selalu berhenti makan setelah jam 6 sore. Menurut anak cucunya, ia adalah wanita yang gemar mengonsumsi permen, mentega, teh manis dan minuman airan (minuman asam seperti yogurt). Meski begitu, nenek Nanu akan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulutnya.

Ingin punya usia panjang seperti nenek Nanu juga ladies? Usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan jadilah pribadi tenang, sabar serta menghindari stres berlebih.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Inspiratif Kuswati, Penenun Bulu Mata Palsu dengan Jari Kaki
Artikel Selanjutnya
Inspirasi Hari Pendidikan Nasional: Mengajar Anak-Anak Berkebutuhan Khusus