Sukses

Lifestyle

Ladies, Ini Alasan Mengapa Anjing Bisa Jadi Sahabat Terbaik Manusia

Banyak orang memilih memelihara anjing. Bukan tanpa sebab, ini karena anjing bisa jadi sahabat terbaik manusia. Hal ini pun ternyata bisa dijelaskan secara ilmilah Ladies.

Sebuah studi di tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Science menemukan, tingkat hormon oksitosin, hormon yang berperan dalam perasaan cinta dan koneksi, pada anjing dan pemiliknya akan meningkat ketika hewan tersebut melakukan "puppy eyes" pada majikannya.

Para peneliti di Jepang pun mencoba melakukan dua percobaan. Percobaan pertama untuk mengukur kadar oksitosin anjing dan pemiliknya, sebelum dan sesudah berinteraksi selama kurang lebih 30 menit. Di studi kedua, para peneliti memberikan oksitosin semprot pada hidung anjing dan mengukur kembali kadar hormonnya. Semakin lama pemilik berinteraksi dengan anjing dan menatap mata mereka semakin tinggi kadar oksitosin keduanya.

Studi kedua menemukan jika yang menatap lebih lama pada pemilik mereka adalah anjing betina. Ini ternyata sama dengan manusia saat menjalin kontak mata. Hal yang persis terjadi pada anjing. Anjing dan tuannya mampu menjadi lebih dekat dengan saling tatap mata satu sama lain.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)
;
Loading