Sukses

Lifestyle

Very Good Lives, Pidato J.K. Rowling yang Mengandung Banyak Inspirasi

Fimela.com, Jakarta Judul: Very Good Lives (Hidup yang Sangat Baik)

Penulis: J. K. Rowling

Alih bahasa: Monica D. Chresnayani

Editor: Dini Pandia

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

“Kita tidak membutuhkan sihir untuk mengubah dunia; kita sudah memiliki semua kemampuan yang kita butuhkan.”

Pada 2008, J.K. Rowling menyampaikan pidato yang sangat menyentuh pada acara wisuda Universitas Harvard. Pidato itu sekarang diterbitkan sebagai buku, memuat kata-kata bijak J.K. Rowling untuk siapa pun yang menghadapi perubahan dalam hidupnya.

Bagaimana agar kita bisa menerima kegagalan? Dan bagaimana agar kita dapat menggunakan imajinasi untuk memperbaik diri kita dan orang lain?

Dengan menggunakan kisah-kisah dari masa kuliahnya, sang penulis kenamaan membahas pertanyaan-pertanyaan terpenting dalam hidup dengan tajam dan menggugah.

Sosok J.K. Rowling pastinya tidak asing bagi kita. Penulis terkenal Harry Potter ini pun merupakan sosok yang sangat inspiratif. Perjuangannya merintis karier untuk menjadi penulis pun sangat luar biasa.

Pada tanggal 5 Juni 2008, J.K. Rowling memberikan pidatonya pada acara wisuda di kampus Harvard. Isi pidato tersebut sangat menggugah. Mengandung banyak pesan positif. Memberi pandangan baru soal kegagalan dan imajinasi. Pidato tersebut kemudian dibukukan dengan menambahkan sejumlah ilustrasi karya Joel Holland.

Berjudul Very Good Lives, buku ini kemudian diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama. Very Good Lives (Hidup yang Sangat Baik): Jangan Takut Gagal dan Berimajinasi memuat teks pidato lengkap J.K. Rowling yang sangat inspiratif yang disampaikan pada acara wisuda kampus Harvard tahun 2008. Pesan utama yang disampaikan adalah soal jangan takut pada kegagalan serta beranilah berimajinasi.

Meski pidatonya ditujukan untuk para wisudawan, tapi pesan-pesan yang disampaikan masih sangat bisa diterima oleh siapa saja. Dalam pidatonya tersebut, J.K. Rowling menceritakan kembali soal perjuangannya merintis karier sebagai penulis. Pada masa-masa awal perjuangannya, ada kegagalan-kegagalan yang tak bisa dihindari begitu saja. Justru dengan kegagalan-kegagalan yang ada akan membuat kita jadi banyak belajar dan menjadi pribadi yang lebih tangguh.

Inspirasi dari pidatonya mencakup berbagai aspek penting soal kehidupan dan perjuangan. Mengenai betapa berharganya hidup yang membuat kita tak perlu takut mencoba sesuatu. Bahkan pengalaman-pengalaman buruk yang pernah dialami bisa diubah jadi motivasi dan bekal untuk membuat sesuatu yang lebih luar biasa.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Buku untuk Pasangan Muda yang Wajib Dimiliki
Artikel Selanjutnya
Ulasan: Buku Hello Goodbye - Ditta Amelia Saraswati