Sukses

Lifestyle

Hubungan Keluarga dengan Saudara Tentukan Kepribadian & Cara Bersikap

Fimela.com, Jakarta Jika bicara tentang keluarga, ada banyak hal yang bisa dibahas, salah satunya adalah kualitas hubungan dengan anggota keluarga. Beberapa orang sangat akrab dengan orangtua atau saudaranya, beberapa tidak begitu.

Tapi tahukah bahwa hubungan keluarga ternyata perpengaruh banyak terhadap kehidupanmu? Dilansir dari Business Insider, penelitian yang dimuat dalam Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan bahwa hubungan dengan saudara (kakak-adik) bisa memberi efek pada tingkat kecerdasan, kesehatan mental, dan bahkan tinggi badan.

Penelitian menemukan bahwa interaksi keseharian yang dilakukan antara kakak dan adik di rumah memberi pengaruh lebih besar dibanding interaksi dengan orangtua. Karena pada umumnya, kurang lebih 33 persen waktu luang anak dihabiskan dengan saudaranya dibandingkan dengan orangtua.

Oleh karena itu, kebiasaan kakak atau apa yang dilakukan kakak seringkali ditiru adik dan dianut dengan mudah ketimbang kebiasaan orangtua. Bahkan ketika tumbuh dewasa, ketika anak-anak sudah bisa membangun identitas diri, memiliki ketertarikan yang berbeda dan lain sebagainya, mereka masih sering menghabiskan waktu bersama, paling tidak 10 jam per minggunya.

Itulah mengapa, seringkali ada istilah "ikatan saudara" dalam keluarga yang ternyata memang punya kekuatan besar yang mampu mempengarungi kehidupan seseorang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Kenapa Sosok Ibu Sangat Istimewa dan Tiada Duanya
Artikel Selanjutnya
Tiru Cara Titi Kamal Membahagiakan Anak-anaknya