Sukses

Lifestyle

Fungsi Santan dalam Masakan, Pengental hingga Memperkaya Rasa

Fimela.com, Jakarta Santan merupakan bahan masakan yang pasti sudah tak asing bagi banyak orang. Santan bahkan menjadi salah satu bahan masakan yang sangat sering digunakan dalam berbagai masakan nusantara dan menjadi salah stau ciri khas kuliner nusantara. Namun tahukah sahabat Fimela, apa sebenarnya fungsi santan dalam masakan hingga tak bisa dihilangkan begitu saja?

Ternyata cairan putih dari perasan kelapa tua yang diparut ini memiliki fungsi sebagai pengental kuah, memperkaya rasa, hingga menyedapkan masakan. Perbedaannya sangat terasa ketika ada atau tidaknya santan, terutama makanan akan lebih nikmat.

Umumnya santan digunakan untuk makanan yang membutuhkan banyak bumbu kuat dan kental, seperti gulai, kari, rendang, lodeh, opor dan lain sebagainya. Santan juga digunakan untuk berbagai makanan tradisional yang manis sebagai kuah atau campuran bahan, seperti pada serabi, berbagai olahan bubur dan beberapa kue. Bahkan santan juga bisa dijadikan pengganti susu untuk beberapa olahan makanan.

Rasa sedap dan nikmatnya santan berasal dari minyak yang dikandungnya, yaitu senyawa nonylmethylketon. Santan mampu menyatu dengan air meski mengandung banyak lemak karena memiliki zat pengemulsi alami.

Makanan tak akan enak, sedap dan mantap tanpa adanya santan sebagai bahan masakan, bahkan bisa dibilang santan adalah salah satu bahan utama dalam berbagai masakan. Jadi, itu dia fungsi santan yang tak bisa dipisahkan dari kuliner nusantara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading