Sukses

Lifestyle

Dana Paramita Terapkan Ilmu Sebagai Reporter News di Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Di media sosial seperti sekarang ini, semua orang seakan memiliki akses di genggaman untuk pamer kreativitas yang dimilikinya ke seluruh penjuru dunia. Jika dimanfaatkan untuk hal positif, tentu hal ini akan berdampak baik.

Kesempatan itu sepertinya tak dilewatkan oleh Dana Paramita, yang tak lain merupakan news reporter Liputan6 SCTV. Di balik profesinya, siapa sangka Dana memiliki puluhan ribu pengikut di media sosial? "Di era seperti sekarang ini, nggak ada alasan untuk nggak menjadi kreatif," ujar Dana kepada Fimela, Selasa (22/1) di kantor KapanLagi Youniverse.

Perempuan kelahiran 1993 tahun ini memulai karier sebagai reporter stasiun TV lokal di Semarang. Meski melenceng dari jurusan kuliahnya, namun ternyata pekerjaan ini berbalik jadi bidang yang ia cintai. 

Menjadi reporter bukan hal mudah, tapi keharusan untuk bepergian ke luar kota demi meliput event dan momen Dana jalani dengan senang hati. "Buat orang yang suka tantangan, menurut aku reporter itu cocok banget sih, karena di sini setiap hari kita ketemu tantangan baru," kata Dana.

Memanfaatkan Media Sosial Untuk Hal Positif

Di sisi lain, Dana juga memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berkarya. Ilmu dan pengalaman yang didapat Dana dari profesinya sebagai news reporter Liputan6 SCTV ia terapkan untuk berbagi cerita di akun Instagramnya; @paramitadana.

Apa yang dilakukan Dana dengan setelah memiliki banyak followers di media sosial?

"Awalnya banyak posting tentang kegiatan aku sebagai reporter, aku banyak cerita mengenai pekerjaan aku lalu banyak juga yang DM aku tanya, 'Kak gimana caranya jadi reporter? Gimana caranya supaya nggak nervous di depan kamera?' Lalu aku buatkan jawabannya dalam versi vlog. Aku mencoba mengedukasi dari situ, lalu aku jadi senang buat konten."

Menyadari power dari media sosial, Dana mencoba melakukannya untuk sesuatu yang lebih besar, bukan hanya untuk membantu dirinya sendiri tapi untuk membantu sesama. Saat gempa dan tsunami di Palu kemarin, Dana buat campaign sosial untuk mengumpulkan sumbangan dan berhasil mencapai angka ratusan juta rupiah.

Bagaimana cara Dana Paramita membangun self branding di media sosial?

"Karena hidupku memang banyak untuk liputan, mau nggak mau setiap hari ya melekat juga kehidupan 'reporter' di aku. Menurut aku bukan sesuatu yang susah juga untuk membangun branding sebagai seorang reporter. Kalau mikirin konten, apalagi yang aku bikin selain kehidupan aku sebagai reporter? Jadi dari situ bisa kebentuk sendiri branding aku."

Bagaimana cara Dana membuat konten yang merupakan kegiatan sehari-hari itu, jadi istimewa dan menghasilkan engagement tinggi?

"Nggak banyak orang yang bisa meraih kesempatan seperti yang aku dapatkan, makanya tadi aku bilang it's a pride for me for being a journalist. Kita meliput orang-orang penting, kita melihat sejarah dengan mata kita sendiri. Nah, saat liputan itu aku selalu foto untuk mengabadikan momen aku sendiri, dari situ aku upload. Orang-orang suka sesuatu yang lagi happening, dan nggak semua orang punya kesempatan itu. Jadi mungkin dari situ aku dapat engagement tinggi."

Tips Dana Paramita untuk Anak Muda yang Mau Berkarya

Dana Paramita merupakan satu contoh anak muda yang bisa melihat dan memanfaatkan peluang untuk berkembang dengan baik. Berangkat dari profesi sehari-hari, ia bisa membagi banyak cerita yang dinikmati para pengikutnya di media sosial. Dana juga membagikan sedikit tips kepada Sahabat Fimela untuk mulai membuat konten dan menjadikan kehidupan sehari-hari sebagai 'karya' seperti dirinya.

"Menurut aku, kalau mau membuat konten usahakan yang berbeda dari orang lain. Aku mikirnya, yang beda dari aku karena pekerjaan aku. Makanya aku jadikan pekerjaan aku ini sebagai konten. Terlepas dari orang interest atau nggak, sebenarnya kalau aku foto-foto di Instagram itu karena aku suka foto, tapi ternyata itu dapat respon positif. Menurut aku orang-orang bisa kok kayak gitu, pekerjaan apapun bisa kok jadi konten, asalkan dia konsisten. Kalau aku, selalu bercerita tentang kejadian di balik foto. Itu adalah cerita yang nggak bisa orang-orang dapatkan di media, itu kan di balik layarnya kita sebagai jurnalis. Yang penting konsisten aja dan tetap kreatif dan percaya sama apa yang kita jalanin."

Sahabat Fimela, jangan ragu untuk mulai membuat konten kreatif dan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti Dana Paramita, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading