Sukses

Lifestyle

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Saus Tomat dan Pasta Tomat

Fimela.com, Jakarta Saus tomat atau pasta tomat merupakan bahan masakan yang hampir sama antara satu sama lainnya. Karena hampir sama, tidak sedikit orang yang mengira keduanya adalah bahan masakan yang sama. Tapi Sahabat Fimela, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok antara satu dengan lainnya.

Penasaran apa perbedaan antara saus tomat dan pasta tomat? Simak yang berikut ini.

Bahan

Pasta tomat murni berbahan dasar tomat. Pasta tomat adalah buah tomat yang dihaluskan kemudian dikemas tanpa bahan tambahan apapun. Biasanya, kadar air pada pasta tomat juga sudah dikurangi selama proses pemasakan. Sedangkan saus tomat, ini terbuat dari buah tomat yang dihaluskan kemudian dimasak bersama bahan lain seperti bumbu, pengental, gula, garam, cuka dan pengawet.

Perbedaan Rasa, Tekstur Hingga Kemasan

Rasa

Karena terbuat dari bahan pure tomat, rasa pasta tomat cenderung asam seperti tomat. Aroma dan warna pada pasta tomat juga sangat mirip dengan buah tomat. Biasanya, pasta tomat dijadikan bumbu sup atau makanan lain agar warnanya lebih cantik. Sedangkan saus romat, karena mengandung banyak bahan lain seperti halnya bumbu, saus tomat memiliki rasa khas campuran asam, manis dan asin. Saus tomat bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat sebagai bumbu masakan agar rasanya lebih lezat.

Tekstur

Pasta tomat memiliki tekstur yang lebih kental jika dibandingkan dengan saus. Karena kadar airnya sudah dikurangi, pasta tomat cenderung lebih kental dan padat. Sedangkan saus tomat teksturnya lebih cair.

Kemasan dan Kegunaan

Pasta tomat umumnya dikemas dalam wadah kaleng. Karena masih mentah, pasta tomat harus dimasak dulu dengan bahan makanan lain sebelum dikonsumsi. Untuk saus tomat sendiri, ini biasanya dikemas dalam kemasan plastik, botol atau sachet. Mengingat saus tomat sudah dimasak sebelumnya, ini bisa dikonsumsi secara langsung sebagai cocolan snack atau digunakan sebagai bumbu masakan.

Itulah perbedaan pasta tomat dan saus tomat. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat Fimela.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Selain Tahu dan Tempe, Ini Bahan Lain Untuk Membuat Masakan Bacem
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Membuat Saus Tomat Makin Enak