Sukses

Lifestyle

5 Saus Dasar untuk Sajian Pasta dan Steak Khas Italia

Fimela.com, Jakarta Sajian khas Italia baik itu pasta maupun steak umumnya menggunakan bumbu saus yang lezat dan menggugah selera. Saus yang digunakan untuk dua makanan ini pun tak hanya satu jenis. Ada banyak jenis saus untuk menciptakan sajian makanan khas Italia dengan rasa khas dan menggugah selera.

Dari sekian banyak saus yang biasa kita temukan, ada 5 saus dasar yang bisa dikreasikan menjadi beragam saus lezat, sehat dan pastinya menggugah selera. Apa saja saus dasar tersebut? Simak yang berikut ini.

Bechamel

Saus ini merupakan saus yang terbuat dari roux putih (mentega dan tepung) serta susu yang dimasak bersama. Saus bechamel juga dikenal dengan sebutan saus putih. Agar saus ini semakin lezat, jangan lupa tambahkan bumbu berupa garam, lada hitam dan bayleaf powder saat proses pemasakan.

Veloute

Ini juga dikenal dengan saus putih seperti halnya saus bechamel. Bahan untuk membuatnya adalah roux putih dan kaldu sapi atau ikan. Tambahan bumbu berupa garam, lada bubuk dan perasan lemon akan membuat rasa saus semakin lezat dan nikmat.

2 dari 2 halaman

Saus Tomat dan Dua Lainnya

Espagnole

Ini merupakan saus yang terbuat dari kaldu cokelat yang berasal dari tulang sapi panggang. Tulang yang sudah dipanggang kemudian direbus hingga mendidih. Kaldu dari tulang sapi lalu dicampur bersama bahan lain seperti wortel, batang seledri, bawang bombay dan lainnya. Saus ini memiliki cita rasa gurih yang khas karena bahan untuk membuatnya lebih kompleks atau beragam.

Tomat

Saus tomat menjadi salah satu saus dasar yang banyak digunakan di sajian pasta atau steak khas Italia. Saus tomat terbuat dari buah tomat yang dihaluskan kemudian dimasak bersama bumbu lain seperti garam, gula, lada dan sedikit tepung agar teksturnya lebih kental.

Hollandaise

Ini adalah saus yang terbuat dari kuning telur, mentega yang dicairkan dan perasan air lemon. Bahan-bahan yang ada kemudian dimasak dan ditambah bumbu garam, gula serta lada hitam agar rasanya semakin mengesankan.

Itulah sedikitnya 5 saus dasar yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa khas yang lezat pada sajian pasta maupun steak Italia. Selain rasanya yang begitu menggugah selera, saus ini juga sangat mudah dibuatnya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Saus Tomat dan Pasta Tomat
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Membuat Saus Tomat Makin Enak