Sukses

Lifestyle

10 Bubur Khas Nusantara dengan Cita Rasa Khas Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Selain sebagai negara yang memiliki budaya beragam, Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan kuliner beragam pula. Kuliner Indonesia dikenal sebagai kuliner dengan cita rasa khas yang sangat menggugah selera. Yang menarik lagi, setiap daerah memiliki kuliner masing-masing yang khas dan berbeda antara satu dengan lainnya.

Ngomongin soal kuliner Indonesia, mari kita mengenal lebih dekat macam-macam kuliner bubur khas Nusantara. Jika biasanya kita mengenal bubur sumsum, bubur ayam dan bubur kacang hijau di sekitar kita, ternyata masih ada banyak lagi bubur khas Nusantara yang cita rasanya sangat lezat menggugah selera. Apa saja? Simak yang berikut ini.

1. Bubur Ayam

Ini merupakan bubur yang sangat mudah kita temui di sekitar kita. Bubur ayam memiliki cita rasa gurih dan menggugah selera. Umumnya, bubur ayam menjadi menu penting sebagai menu sarapan.

2. Bubur Kacang Hijau

Ini merupakan bubur yang sangat lezat, nikmat dan tentunya sehat. Bubur kacang hijau sangat lezat disantap dalam kondisi hangat maupun dingin. Bubur kacang hijau memiliki cira rasa manis, gurih dan sedap di setiap suapannya.

3. Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan bubur yang terbuat dari tepung beras. Hampir sama dengan bubur bercita rasa manis gurih lainnya, bubur sumsum disajikan bersama saus hula merah dan santan kelapa.

4. Bubur Sagu

Ini merupakan bubur yang terbuat dari tepung sagu. Bubur sagu menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Ambon dan sekitarnya. Bubur sagu memiliki cira rasa yang manis, gurih dan sedap menggugah selera.

Bubur Ketan Hitam dan Lainnya

5. Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam adalah bubur yang terbuat dari beras ketan hitam. Rasa bubur ini manis karena disajikan bersama saus gula merah dan santan kelapa.

6. Bubur Candil

Bubur candil juga sering disebut sebagai jenang grendul. Bubur ini terbuat dari tepung tapioka dan sajikan bersama kuah santan yang gurih. Bubur candil berasal dari Jawa. Untuk mendapatkan bubur ini, kita bisa mendapatkannya di pasar tradisional.

7. Bubur Jali-jali

Ini merupakan bubur yang terbuat dari butiran beras padi. Bubur jali-jali memiliki cira rasa masnis khas karena dimasak bersama saus gula kelapa. Disantap bersama kuah santan gurih, tentunya bubur ini bikin nagih siapa saja yang menyantapnya.

8. Bubur Manado

Ini merupakan bubur yang berasal dari Manado. Bubur Manado memiliki cita rasa khas yang begiti menggugah selera. Bubur ini terbuat dari jagung manis, bayam, beras, daun kemangi, labu dan anek bumbu sehingga menghasilkan rasa yang sedap.

9. Bubur Kanji Rumbi

Bubur ini berasal dari Aceh. Bubur ini seklias mirip dengan bubur ayam. Namun dalam sajiannya bubur ini disajikan dengan topping udang dan bumbu rempah yang lebih pekat serta menggugah selera.

10. Bubur Manggul

Bubur manggul berasal dari Madura. Bubur manggul berasal dari tepung beras yang dimasak dengan santan dan garam. Rasa bubur ini gurih. Taburan serundeng atau kelapa sangrai dan bumbu rempah juga lauk sambal goreng udang membuat makanan yang satu ini sangat menggugah selera dan bikin nagih.

Itulah beberapa bubur khas Nusantara yang memiliki cira rasa lezat dan menggugah selera. Dari sekian banyak bubur yang ada, mana nih bubur favoritmu Sahabat Fimela?

 

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Bubur Enak dari Berbagai Negara di Dunia, Tertarik Mencoba?
Artikel Selanjutnya
Ini Filosofi Bubur Sumsum yang Bukan Sekedar Jadi Pengenyang Perut