Sukses

Lifestyle

7 Makanan yang Bantu Meningkatkan Fokus dan Fungsi Kognitif Tubuh

Fimela.com, Jakarta Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada beberapa makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatan mental, seperti membantu untuk fokus dan fungsi kognitif tubuh. Dilansir dari muscleandfitness.com, Jumat (22/2/2019), berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantumu meningkatkan fokus dan fungsi kognitif tubuh, penasaran?

1. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon dapat memberi dorongan pada otak. Salmon adalah salah satu sumber terkaya dari asam lemak omega 3, yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak.

Makan ikan salmon setidaknya sebanyak dua kali dalam seminggu. Salmon juga merupakan sumber protein yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

2. Telur

Telur adalah makanan sumber protein yang baik dan memiliki jenis nutrisi yang penting, yaitu kolin. Mengonsumsi kolin dapat membantu menciptakan zat kimia di otak yang disebut asetilkolin, penting bagi banyak fungsi sistem otak dan saraf.

Telur juga merupakan sumber vitamin B yang baik, membantu untuk fungsi otak yang sehat. Kamu juga bisa menggoreng telur dengan minyak zaitun untuk kesehatan jantung.

3. Sayuran hijau dan berdaun

Faktor terbesar mengapa kamu harus mengonsumsi sayuran adalah untuk kesehatan otak. Mengonsumsi satu porsi sayuran hijau per hari dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif alami.

Nutrisi dalam sayuran seperti lutein dan vitamin K sangat baik untuk kesehatan otak. Sudah mengonsumsi sayuran setiap hari?

4. Kunyit

Banyak penelitian menyatakan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit terbukti memiliki efek antioksidan yang bermanfaat bagi fungsi otak. Mengonsumsi makanan yang mengandung kurkumin dua kali dalam sehari dalam 18 bulan dapat meningkatkan fungsi memori dan fokus.

 

2 dari 2 halaman

Kacang-kacangan, alpukat, dan kefir

5. Kacang-kacangan

Makan lebih banyak kacang-kacangan berkaitan dengan fungsi kognitif yang lebih baik pada orang dewasa. Kacang-kacangan memiliki senyawa polifenik yang dapat mengurangi peradangan di otak.

6. Alpukat

Makanan tinggi lemak tak jenuh seperti alpukat sangat baik untuk kesehatan otak. Alpukat adalah makanan yang kaya akan lemak bermanfaat dan vitamin E, dua kandungan yang dikaitkan dengan risiko penurunan fungsi otak.

Selain itu, alpukat memiliki kandungan 20 jenis vitamin dan mineral yang baik untuk diet. Mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari selama enam bulan dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori.

7. Kefir

Kefir adalah produk susu yang kandungan probiotiknya dipercaya dapat membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif. Selain itu, kefir juga merupakan sumber protein dan kalsium yang baik.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sarapan Pagi yang Jadi Favorit Bagi Pelaku Diet
Artikel Selanjutnya
5 Jajanan Pinggir Jalan Enak Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Korea Selatan