Sukses

Lifestyle

Bertengkar Justru Membuat Pernikahan Bahagia, Menurut Penelitian!

Fimela.com, Jakarta Orang mungkin berharap setiap orang yang berumah tangga sebaiknya tidak bertengkar, memiliki kehidupan yang baik-baik saja, damai dan tentram. Namun kehidupan rumah tangga yang tentram tak akan terwujud jika tak pernah mencoba menyamakan kesepahaman, apalagi di awal-awal pernikahan.

Pertengkaran adalah salah satu cara menyamakan pemahaman satu sama lain. Pertengkaran dalam pernikahan tidak selalu harus dipandang buruk, karena ada kalanya pertengkaran justru jadi cara sehat mempertahankan pernikahan.

Penelitian yang dilakukan di Florida State dalam Science Daily menemukan bahwa pasangan yang secara terbuka mampu menunjukkan amarahnya atau mengungkapkan emosinya selama adu pendapat dengan pasangannya di awal pernikahan, berpotensi memiliki pernikahan lebih bahagia di masa depan.

Psikolog Dr. Herb Goldberg menyarakan, pasangan menikah lebih baik banyak bertengkar di awal pernikahan daripada banyak bertengkar setelah lama menikah. Karena umumnya pertengkaran yang muncul terlambat, di tahun-tahun pernikahan yang sudah lama, biasanya adalah masalah yang sudah dipendam lama tanpa pernah diungkapkan di awal. 

Bertengkar akan membuat satu sama lain saling terbuka. Pertengkaran di tahun-tahun awal menikah dianggap baik karena itulah momen tepat mengeluarkan pendapat dan pandangan satu sama lain untuk membentuk ideologi bersama sehingga bisa membangun pernikahan yang kuat ke depannya.

Lebih baik melalui jalan berbatu di awal agar bisa menempuh jalan mulus ke depan, bukan? Jadi, jangan abaikan peran pertengkaran di dalam pernikahan, karena ternyata pertengkaran juga bisa menjadi jalan menemukan kedamaian dan kebahagiaan dalam pernikahan.

;
Loading