Sukses

Lifestyle

Ternyata, Ini Jumlah Gaji Optimal yang Bisa Membuatmu Bahagia

Fimela.com, Jakarta Apa kamu termasuk seseorang yang masih sering mengeluhkan gaji? Jika iya, studi terbaru dari Purdue University dan University of Virginia menunjukkan bahwa ternyata ada jumlah gaji optimal yang bisa memenuhi kebutuhan pribadi seseorang.

Berawal dari mencari tahu berapa kisaran gaji terbaik yang mampu menghasilkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan seseorang. Menempatkan angka di kisaran tersebut bukan hal yang mudah, namun para peneliti di atas berhasil melakukannya.

Dilansir dari fatherly.com, Kamis (14/3/2019), studi ini menyimpulkan bahwa gaji optimal yang bisa membuat seseorang bahagia adalah sekitar 95.000 Dolar AS setiap tahun. Studi ini tidak hanya mengukur kebahagiaan emosional jangka pendek, namun juga kebahagiaan jangka panjang dalam kehidupan seseorang yang berkaitan dengan jumlah gaji optimal.

 

2 dari 2 halaman

Para peneliti melakukan survei di 164 negara berbeda

Banyak orang menginginkan lebih banyak perubahan, yang juga berarti lebih banyak gaji yang didapatkan. Walaupun ada pepatah kuno yang mengatakan bahwa uang tidak dapat membeli kebahagiaan, namun setidaknya uang dapat membantu seseorang untuk merasa bahagia.

Uang yang dibutuhkan untuk membuat seseorang merasa bahagia sangat bervariasi dari satu negara dengan negara lainnya. Di Eropa Barat, gaji optimal adalah sekitar 100.000 Dolar AS, sedangkan Afrika sekitar 40.000 Dolar AS.

Angka 95.000 Dolar AS adalah hasil rata-rata gaji optimal dari 164 negara yang disurvei. Walaupun memiliki peranan penting, namun gaji sebenarnya hanya satu variabel dalam persamaan kebahagiaan yang rumit di antara faktor lainnya, seperti hubungan sosial dengan keluarga dan teman-teman. Bagaimana menurut kamu?

Loading
Artikel Selanjutnya
Berbagi Uang dengan Orang Lain bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Tak Percaya?
Artikel Selanjutnya
4 Keyakinan yang Bisa Diadopsi Jika Ingin Bahagia