Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Cabai Bubuk Homemade

Fimela.com, Jakarta Cabai segar memiliki waktu penyimpanan yang singkat bahkan jika sudah disimpan di dalam kulkas. Jika punya banyak persediaan cabai atau ingin menyimpan cabai agar bisa lebih awet tahan lama, salah satu caranya mungkin adalah mengolah cabai menjadi cabai kering atau cabai bubuk sehingga bisa disimpan dalam waktu lama dan tidak busuk terbuang begitu saja.

Di pasaran, sudah banyak dijual cabai bubuk atau cabai kering yang bisa dibeli dan digunakan untuk berbagai masakan seperti cabai segar pada umumnya. Tapi bagaimana caranya membuat cabai bubuk sendiri di rumah? Ikuti sekian step berikut ini.

1. Siapkan cabai yang ingin diolah

Umumnya yang dipakai untuk membuat cabai bubuk adalah cabai merah atau cabai keriting. Jika tak ingin terlalu pedas, bisa menggunakan cabai merah, jika ingin sangat pedas, gunakan cabai keriting.

2. Putuskan membuang biji cabai atau tidak

Pilihan membuang biji cabai juga bisa mengurangi tingkat kepedasan cabai. Biji cabai juga seringkali memberikan rasa pahit pada cabai, jika tak ingin hal ini terjadi, biji cabai bisa dibuang dulu sebelum diolah menjadi cabai kering.

 

2 dari 2 halaman

Cara membuat cabai bubuk sendiri di rumah

3. Belah cabai

Potong atau buang tangkai cabai dan belah horizontal cabai jadi dua atau jadi empat agar bagian dalamnya bisa kering sempurna nanti setelah dipanggang. Jika tak ingin bijinya ikut diolah, buang biji sebelum di taruh di atas loyang.

4. Panggang dengan suhu 75-80 derajat Celcius

Panaskan oven dengan suhu 75 derajat celcius. Tata cabai sejajar pada loyang, tidak perlu diminyaki. Jangan sampai menumpuk cabai agar keringnya merata dan panggang cabai kurang lebih selama enam jam lamanya. Biarkan tetap di dalam oven hingga cabai mendingin dan kering.

5. Giling

Bisa menggunakan food processor atau blender. Giling cabai yang sudah kering hingga tingkat kehalusan yang diinginkan. Jika tak punya kedua alat tersebut, bisa juga dihaluskan secara manual dengan tangan. Caranya, bungkus cabai kering dengan plastik sealed dan hancurkan dengan ulekan atau roll roti.

6. Simpan dalam wadah kedap udara

Ini adalah poin paling penting, yaitu cara menyimpan cabai bubuk agar tidak mudah berjamur atau menggumpal. Siapkan wadah kedap udara, jika dirasa wadah tidka begitu kedap udara, lapisi dengan plastik atau kain sehingga lebih rapat dan tidak ada kontaminasi udara dari luar.

Simpan cabai bubuk di suhu ruangan yang sejuk, tidak lembab dan jauh dari sinar matahari. Cabai bubuk siap dimanfaatkan kapan saja untuk memasak.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Makanan Ini Tak Bisa Dihangatkan di Microwave
Artikel Selanjutnya
Agar Nasi Goreng Tak Menggumpal, Begini Cara Memasaknya